12 Penyebab Umum Kaki Gatal

Kaki gatal

kaki gatal

Banyak hal yang bisa menyebabkan kaki gatal. Rasa gatal adalah cara kulit untuk memberi tahu kita bahwa ada beberapa jenis iritasi yang terjadi, namun iritasi dapat berkisar dari masalah kebersihan ringan sampai infeksi jamur atau bakteri.

Saat mencoba untuk mengidentifikasi penyebab iritasi kulit, penting sekali buat kita untuk bisa membedakan antara gatal, nyeri, dan kesemutan. Rasa gatal bisa memiliki sejumlah penyebab. Nyeri mungkin karena cedera, dan untuk kesemutan mungkin merupakan kondisi neurologis.

Berikut adalah beberapa penyebab utama kaki gatal. Jika gatal Anda terjadi terus-menerus, maka berkonsultasilah dengan dokter.

Saat gatal memang menjadi perhatian

Jika kaki Anda gatal, hal ini mungkin karena  kekeringan atau iritasi ringan lainya. Konsultasikan lah dengan dokter, jika Anda mengalami salah satu dari berikut ini:

  • Kaki Anda sudah gatal selama dua minggu atau lebih.
  • Kulitnya meradang bahkan saat Anda belum menggaruknya.
  • Anda memiliki gejala lain, seperti demam atau kelelahan.


Jika tidak, baca terus penyebab umum gatal di kaki.


1. Kulit Kering

Kulit kering sedikit gatal tapi biasanya merupakan ketidaknyamanan sementara.

Kulit kering sering gatal. Umumnya kulit kering bisa dikendalikan melalui faktor lingkungan. Biasanya bersifat sementara dan muncul sebagai respons terhadap lingkungan yang kering dan panas. Kulit yang sangat kering terbagi menjadi rangkaian kelainan bawaan yang disebut ichthyosis.

Sebab

Kulit menjadi sangat kering bila kehilangan minyak alami. Terlalu sering mandi dan penggunaan sabun yang berlebihan bisa membawa kondisi ini. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, berenang, cuaca kering, cuaca dingin dan sistem pemanas, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan sabun cuci yang mengandung parfum atau pewarna. Ada kondisi yang diwariskan, termasuk hipotiroidisme dan sindrom Sjögren, yang bisa menyebabkan kulit sangat kering. Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi semakin kering, jadi gatal adalah masalah yang umum bagi kebanyakan orang tua.

Pengobatan dan pencegahan

  • Krim yang mengandung asam laktat dan urea serta salep yang mengandung petroleum jelly, dipakaikan segera setelah mandi, akan membantu kulit mempertahankan kelembaban, sehingga mencegah kulit menjadi kering.
  • Membatasi mandi, serta penggunaan sabun, bisa mencegah kekeringan. Karena terlau sering mandi dan memakai sabun dapat menyebabkan kulit kering.
  • Pelembab untuk menambahkan kelembaban ke ruangan kering.
  • Deterjen tanpa parfum atau pewarna.
  • Mengenakan kain lembut, termasuk sutra dan katun.
  • Hidrat. Minum cukup cairan (mengeluarkan setidaknya 200 ml air kencing yang jernih di pagi hari bisa dianggap sebagai pertanda hidrasi yang baik).
  • Hindari paparan angin dan matahari langsung.
2. Kulit Ayam ( Benjolan Angsa )

Keratosis pilaris di lengan.

Ini bukanlah benjolan angsa yang sama yang dialami orang saat mereka kedinginan. Dengan ruam ini, folikel rambut di paha, lengan atas, atau tempat lain pada kulit menebal dan berkembang menjadi gundukan gatal. Kondisinya, yang secara medis dikenal sebagai keratosis pilaris, muncul seperti benjolan angsa yang berwarna kulit, merah, atau coklat.

Sebab



Keratosis pilaris adalah penumpukan keratin. Ini adalah kondisi turun temurun namun umumnya lenyap pada usia 30 tahun.

Pengobatan dan pencegahan

  • Keratosis pilaris benjolan bisa diobati sampai hilang, tapi hampir selalu muncul kembali. Kekeringan bisa memperburuk kondisi.
  • Krim mengandung asam alfa-hidroksiat, asam laktat, asam salisilat, atau urea dapat membantu melembabkan kulit dan melonggarkan sel kulit mati untuk membantu membersihkan folikel rambut.

3. Folikulitis
Folikulitis terisolasi, atau folikel rambut yang terinfeksi



Dengan folikulitis, folikel rambut pada kulit menjadi terinfeksi. Benjolan yang dihasilkan biasanya berwarna merah dan gatal. Mereka juga bisa menjadi menyakitkan dan juga bisa berisi dengan nanah. Umumnya mereka muncul pada paha atau bokong, sering juga terjadi pada Atlit yang memakai baju olah raga ketat.

Sebab

Ruam ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus (infeksi staph).

Pengobatan dan pencegahan

Dengan kebersihan yang tepat, benjolan itu akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.
Jika ruam masih berlanjut, sabun anti-bakteri over-the-counter atau salep (mengandung antibiotik mupirocin) juga dapat membantu menyembuhkan.
Untuk infeksi yang meluas, antibiotik oral bisa menjadi pengobatan yang paling efektif.


4. Kaki gatal tidak baik untuk pelari


Ketika kita beristirahat sejenak dari olahraga dan kemudian berlari, kita mungkin merasakan adanya rasa gatal di kaki dan perut kita. Kondisi ini disebut "gatal pelari" dan biasanya menyerang paha dan betis adalah yang paling banyak.

Sebab

Rasa gatal pelari terjadi saat arteri dan kapiler roboh karena tidak aktif dan kemudian dibuka kembali saat kita berolahraga. Pembuluh darah yang membukanya bisa mengiritasi saraf yang berdekatan dengan kapiler.

Pengobatan dan pencegahan

Kondisi tersebut harus hilang dengan latihan.


5. Jerawat

Jerawat vulgaris,bisa muncul pada lengan, bisa juga muncul di paha atau pantat.

Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah. Mereka bisa muncul di paha atau pantat dan mungkin atau mungkin tidak gatal.

Sebab

Jerawat mungkin terjadi dikarenakan kebersihan yang buruk, stres psikologis, atau diet yang tidak tepat

Pengobatan dan pencegahan

Meningkatkan olahraga dan asupan air dan menghindari makanan berlemak akan membantu menghilangkan jerawat.


6. Urinaria kolinergik (Hives)

Reaksi gatal setelah kontak dengan pohon konifer.

Urtikaria kolikolinergik atau gatal-gatal adalah ruam bergelombang di paha, batang atas, atau lengan dan dapat dipicu oleh berbagai kejadian atau aktivitas yang berbeda. Umumnya disebabkan oleh keringat, gatal-gatal bisa muncul setelah olahraga, mandi, tinggal di lingkungan yang panas, atau bahkan reaksi emosional seperti kegembiraan, syok, tawa dan stres. Ruam bisa muncul beberapa menit setelah mulai berlari atau sesaat setelah mandi air panas, dan bisa sangat gatal selama 30-120 menit.

Sebab

Hives dianggap disebabkan oleh alergi terhadap keringat seseorang.

Pengobatan dan pencegahan

Hindari berlari dalam cuaca panas dan berhentilah berjalan saat terjadi gatal. Jika memungkinkan, di usahakan jangan menggaruknya. Karena goresan memperparah rasa gatal. Antihistamin oral, mengambil setidaknya 30 menit 


7. Gatal Setelah Mandi

Jika kulit Anda kehilangan terlalu banyak pelumasan alami saat mandi, itu mungkin bisa menjadi gatal dan kencang.

Sebab

Terlalu sering mandi air panas dan terlalu sering menggunakan sabun yang menghilangkan lemak dan minyak pelindung.

Pengobatan dan pencegahan

Cobalah mandi dengan air suam-suam kuku, bukan air panas atau hangat. Gunakan sabun secukupnya sebelum mandi atau berolahraga, dapat mencegah gatal-gatal.


8. Gatal Jock

Gatal jock, juga dikenal sebagai tinea cruris, adalah infeksi jamur pada kulit. Paling sering kondisi ini mempengaruhi paha bagian dalam, alat kelamin, atau bokong. Gatal jock muncul sebagai ruam gatal merah atau coklat yang luas.

Sebab

Kelembaban dan kehangatan mendorong pertumbuhan jamur.

Pengobatan dan pencegahan

Salep anti jamur atau, dalam kasus persisten, obat anti jamur oral .Menjaga pangkal paha kering (memakai pakaian ringan dan nyaman) dan cuci dengan sabun anti jamur


9. Kebersihan Yang Buruk


Bila keringat dan debu kering tetap ada di kulit, mereka dipecah oleh bakteri dan ragi sehingga bisa mengiritasi ujung saraf  kulit. Panas dan menggosok dengan kain celana dan kaus kaki bisa memperparah sensasi ini.

Pengobatan dan pencegahan

Mandi secara teratur. Usahakan untuk menggunakan air suam-suam kuku dan sabun ringan, bukan air panas, untuk menghindari menghilangkan lapisan lemak pelindung dari kulit.


10. Sindrom Celana Gatal

Istilah mewah ini menggambarkan rasa gatal dari memakai celana baru atau celana yang tidak dicuci.

Penyebab: Iritasi zat dalam kain kotor.

Pengobatan dan pencegahan: Mandi dan cuci pakaian.


11. Eksim
Kasus eksim kompleks.

Eksim adalah sekelompok kondisi yang menyebabkan radang kulit dan iritasi. Hampir 20 persen bayi menderita eksim tapi paling banyak melahirkannya pada ulang tahun kesepuluh mereka.

Sebab

Tidak diketahui apa yang menyebabkan eksim, namun dianggap sebagai respons imun yang terlalu aktif terhadap iritasi.

Pengobatan dan pencegahan

Tanpa diobati, ruam eksim gatal bisa menjadi terinfeksi. Lotion dan krim, dioleskan saat kulit lembab, bisa membantu kulit mempertahankan kelembaban. Kompres dingin juga meringankan gatal. Krim hidrokortison (1%), atau krim resep dan salep yang mengandung steroid, mungkin juga diresepkan untuk mengurangi peradangan.

12. Eksim Stasis

Eksim tampak kasar, kemerahan, keunguan, bengkak, kulit gatal di kaki bagian bawah. Hal ini paling umum terjadi pada kasus dimana ada masalah peredaran darah, termasuk varises, trombosis vena, atau kelainan pembuluh darah lainnya.

Sebab

Peradangan dari gangguan peredaran darah memungkinkan penumpukan cairan. Cairan bocor keluar dari pembuluh darah ke jaringan lain, menyebabkan gatal dan iritasi.

Pengobatan dan pencegahan

Kortikosteroid, termasuk hidrokortison, dapat membantu mengobati ruam.
Mengenakan stoking kompresi dan menghindari berdiri dapat membantu mencegah kondisi ini.


Penyebab lain dari gatal kaki

  • Kain tertentu seperti wol, bila dipakai sebagai celana panjang atau kaus kaki, kadang bisa mengiritasi kaki atau kaki.
  • Kekurangan mineral dan vitamin yang dapat dikaitkan dengan gatal umum: defisiensi besi (anemia), kekurangan vitamin C (scorbut), kekurangan satu atau lebih vitamin dari B kompleks, dan jarang kekurangan vitamin A atau K. CATATAN: Jika Anda memiliki kadar gizi normal dari zat gizi ini, tidak mungkin suplemen nutrisi akan membantu mengurangi rasa gatal.
  • Sabun, shampo, lotion, krim atau kosmetik lainnya bisa mengiritasi kulit atau menyebabkan kontak atau dermatitis alergi.
  • Alergi apapun dapat menyebabkan gatal yang dapat mempengaruhi kaki yang didominasi. Gejala khasnya adalah ruam bengkak merah bengkak atau bengkak (gatal-gatal) atau lebih kasar, ruam bersisik (eksim - alergi kontak).
  • Kaki lembab dari memakai sepatu boot atau sepatu tahan air untuk waktu yang lama, bisa memungkinkan ragi tumbuh di antara jari-jari kaki, yang bisa menyebabkan gatal yang ekstrem.
  • Memanjang duduk, berdiri atau berjalan bisa menyebabkan darah menempel di pembuluh darah kaki, yang bisa menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan di kaki bagian bawah, terutama pada orang dengan varises
Gigitan nyamuk

Beberapa gigitan nyamuk di kaki yang sudah tergores dan meradang.



  • Nyamuk dan gigitan serangga lainnya dapat menyebabkan kemerahan dan gatal lokal, yang biasanya hilang dalam beberapa jam sampai beberapa hari.
  • Kaki bengkak bisa menjadi penyebab apapun (jantung, hati atau penyakit ginjal, trombosis vena, kaki gajah) dapat dikaitkan dengan gatal.
  • Penyakit hati, penyumbatan saluran empedu, penyakit ginjal kronis dengan kadar fosfat darah tinggi bisa menyebabkan kulit gatal, termasuk kaki gatal. Banyak individu mengalami hemodialisis gatal.
  • Kontak dengan jelatang menyebabkan rasa terbakar, kemerahan, dan sedikit bengkak, yang bisa diikuti oleh gatal yang berlangsung selama beberapa jam.
  • Potongan kecil dan goresan bisa gatal saat proses penyembuhan.

Sindrom Kaki Resah

Sindrom kaki resah adalah kelainan neurologis yang sedikit dipahami menyerang lebih banyak wanita daripada pria. Sindrom ini dapat mengganggu kualitas hidup Anda.Sindrom kaki gelisah (Restless Legs Syndrome/RLS) atau Penyakit Willis-Ekbom adalah gangguan saraf yang ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan, seperti terasa berdenyut-denyut, nyeri akibat tertarik, atau geli.

Sebab

Tidak diketahui apa penyebab RLS, tapi ini adalah kondisi neurologis, bukan dermatologis. Kekurangan magnesium atau zat besi juga dapat menyebabkan sindrom ini.

Pengobatan dan pencegahan

Gerakan dan menghindari kafein dan alkohol bisa mengurangi gejalanya.

10 comments