4 Vitamin dan Mineral yang Terkandung dalam Pisang

4 Vitamin dan Mineral yang Terkandung dalam Pisang


Apa yang bisa pisang lakukan untuk Anda?


Poin Utama



Pisang mengandung banyak nutrisi penting, dapat mencegah rasa lapar, dan bisa mempersingkat waktu pemulihan Anda setelah berolahraga.

Makan satu pisang sehari dapat mengurangi tingkat jenis kanker tertentu dan memperbaiki fungsi kognitif.

Pisang lezat saat disantap langsung, dan juga lezat jika diiris dan dicampur dengan sereal atau yogurt tanpa pemanis, atau dicelupkan ke dalam cokelat atau selai kacang.

Pisang bertekstur lembut dan manis, sehingga sering melupakan bahwa pisang adalah makanan padat vitamin yang mengandung nutrisi yang Anda butuhkan agar tetap sehat dan kuat. Beberapa orang menyimpan pisang sebagai suguhan tamu daripada untuk dikonsumsi sendiri. Jadi, mungkin sudah saatnya untuk ambil andil dalam mengonsumsi makanan  kuning super lezat ini lebih sering.

Pisang mengandung banyak gizi ,yang mana merupakan kebutuhan penting bagi tubuh manusia. Pisang dapat mempersingkat waktu pemulihan tubuh setelah berolahraga dan mencegah rasa lapar. Satu pisang mengandung sebanyak 100 kalori. Satu pisang juga memiliki:

  • vitamin B-6
  • mangan
  • vitamin C
  • tembaga
  • serat
  • kalium

Mangan

Mangan adalah salah satu mineral yang kurang glamor pada label nutrisi suplemen mineral. Biasanya orang-orang sering keliru menyebut mangan  sebagai magnesium, tak heran kalau kita cenderung lupa bahwa kita itu membutuhkannya. Mangan ini adalah trace mineral, yang berarti walupun kita memerlukannya hanya dalam jumlah yang sangat kecil, tetapi tetap penting bagi tubuh kia.

Mangan membantu mendorong penyembuhan luka dan penting untuk kesehatan tulang. Hal ini membuat pisang menjadi camilan ideal untuk mencegah osteoporosis.

Mangan juga merupakan salah satu komponen antioksidan penting dalam tubuh. Sehingga berfungsi membantu melindungi tubuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel. Selain itu mangan juga mengaktifkan sejumlah enzim yang mempunyai peran penting dalam metabolisme Anda.


Vitamin B-6

Pisang kaya akan vitamin B-6, yang merupakan elemen penting dari diet sehat. National Institutes of Health (NIH) menyarankan orang dewasa mendapatkan asupan sekitar 1,5 miligram vitamin B-6 setiap hari. Satu pisang bisa memberi Anda sekitar 1/4 dari asupan itu.

Tingkat penyerapan vitamin B-6 dari suplemen diet tidak mendekati tingkat penyerapan B-6 dari makanan. Mengonsumsi pisang sekali sehari dapat mengurangi tingkat jenis kanker tertentu dan memperbaiki fungsi kognitif.

Bagi wanita, B-6 dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi. Bisa juga mengurangi morning sickness selama kehamilan, tapi sebelum memulai mengonsumsi suplemen sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya.

Mendapatkan vitamin B bisa menjadi sulit untuk didapat jika Anda seorang vegetarian, jadi pisang bisa membantu mengatasi kekurangan itu jika Anda sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang mengandung unsur hewani.


Tembaga

Anda hanya memerlukan sedikit tembaga diet untuk mendapatkan jumlah harian yang disarankan. Pasangan tembaga dan zat besi membantu merangsang perkembangan sel darah merah.

Pisang adalah salah satu dari beberapa makanan yang cukup bagus sebagai  sumber tembaga, yang memberikan sekitar 5 persen dari nilai harian yang dibutuhkan.


Vitamin C

Jeruk dan buah sejenis lainnya mendapatkan banyak perhatian  karena menjadi sumber vitamin C yang sangat hebat, tapi selain itu pisang juga kaya akan Vitamin C. Pisang ukuran sedang memiliki sekitar 15 persen dari kebutuhan harian Anda. Cukup satu pisang saja saat sarapan dapat membantu anda memenuhi kebutuhan Vitamin C anda dalam satu hari.

Manfaat Vitamin C:

  • Meningkatkan kekebalan Anda terhadap pilek
  • Mengurangi peradangan
  • Memperlambat penuaan kulit
Jadi jangan sampai lupa memenuhi asupan Vitamin C. Satu studi menunjukkan bahwa vitamin C bisa membunuh sel kanker.


Jadikan rutinitas

Jadikan mengonsumsi pisang sebagai rutinitas anda. Karena Pisang lezat ketika disantap secara langsung dan juga sangat lezat jika diiris dan dicampur dengan sereal atau yogurt tanpa pemanis, atau dicelupkan ke dalam cokelat atau selai kacang.

Anda juga bisa mengirisnya dan menambahkannya  di atas sarapan favorit Anda seperti roti panggang dan pancake Prancis. Jika Anda memiliki alergi telur atau intoleransi, Anda juga bisa menjadikan pisang sebagai penganti telur.


6 komentar