5 Manfaat Penting Makanan Pedas untuk Kesehatan

5 Manfaat Penting Makanan Pedas untuk Kesehatan


Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia karena cita rasanya yang sangat menggugah selera dan hingga membuat pencicipnya ketagihan untuk merasakannya. Makanan pedas tidak hanya disukai orang karena cita rasanya namun makanan pedas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak suka dengan makanan pedas maka inilah 5 alasan kenapa Anda harus mempertimbangkanya lagi untuk menambahkan makanan pedas dalam daftar menu makan Anda.


1. Makanan pedas memiliki manfaat untuk umur panjang

Mengonsumsi makanan pedas enam atau tujuh hari dalam seminggu - bahkan hanya sekali sehari - dapat menurunkan tingkat kematian sebesar 14 persen, menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Pusat Nasional dan Pengendalian Penyakit dan Pusat Nasional Harvard.


2. Makanan pedas mempercepat metabolisme Anda

Data di berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu - seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai - dapat meningkatkan tingkat istirahat metabolisme Anda dan memperlambat nafsu makan Anda. Satu studi juga menemukan bahwa kunyit menekan pertumbuhan jaringan lemak pada tikus.


3. Rempah-rempah memerangi peradangan

Curcumin, senyawa dalam kunyit, bisa mengurangi peradangan di tubuh. Dalam pengobatan Ayurvedic, sifat anti-inflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan sakit kepala dan mual.


4. Rempah-rempah bahkan bisa membantu melawan sel kanker

Capsaicin, komponen aktif cabai, telah terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi UCLA menemukan bahwa capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus sementara meninggalkan sel sehat tanpa cedera.


5. Rempah-rempah membantu membunuh bakteri

Jinten dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Ini berarti mereka bisa digunakan melawan bakteri berbahaya di tubuh.


Resep untuk membumbui hidup Anda

Siap untuk mendapatkan manfaat dari makanan pedas dan meningkatkan kesehatan Anda? Cobalah resep berapi-api di bawah ini.

Roti alpukat panggang dengan telur


Jika Anda mencari pengganti makanan pedas yang mudah untuk makanan sehari-hari, Roti alpukat panggang dengan telur inilah yang tepat untuk Anda.


Kayu manis


Menggabungkan rempah-rempah, protein, dan lemak sehat adalah kunci untuk ngemil sehat. 

Teh jahe lemon jahe


Saat Anda menghadapi penyakit, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menghabiskan banyak waktu di dapur atau makan makanan yang berat. Nikmati es teh jahe segar yang menyegarkan dan lezat ini.


Nasi jintan


Lain kali jika Anda membutuhkan hidangan sampingan untuk makanan utama Anda - cobalah resep nasi jinten ini. 



Peringatan

Capsaicin, zat yang ditemukan pada cabai merah, dapat menimbulkan gejala jangka pendek pada tubuh, seperti sakit perut, diare, dan muntah pada mereka yang mengkonsumsi dengan jumlah yang sangat banyak. Hal ini terjadi karena overstimulasi sistem saraf. Kabar baiknya adalah tidak ada kerusakan permanen terhadap lapisan usus.

Meskipun sebelumnya diyakini bahwa makanan pedas dapat menyebabkan borok, bukti saat ini menunjukkan bahwa capsaicin memberikan perlindungan terhadap patogen ulkus, H. pylori. Capsaicin juga bertindak sebagai pereda nyeri bila dioleskan secara topikal atau tertelan. Konon, jika Anda baru mengonsumsi makanan pedas, konsumsilah dengan porsi awal rendah untuk meminimalkan gejala yang tidak diinginkan.


Intinya

Tidak masalah jika Anda menyukai manis atau gurih, rempah-rempah bisa dimasukkan ke dalam macam makanan apapun. Karena hasilnya adalah suatu makanan yang memuaskan dan sehat. Mereka bahkan dapat meningkatkan dua bahan kimia yang baik dalam tubuh - endorfin dan dopamin. Rempah-rempah juga dapat membantu Anda mengurangi jumlah lemak pada tubuh Anda.

0 komentar