Cara Alami Mencerahkan dan Melembutkan Kulit dengan Asam Malat

Asam Malat Solusi kulit anda menjadi lebih lembut dan muda



1.Asam malat merupakan ramuan umum krim anti penuaan.

2.Asam malat bagus untuk menghidrasi dan mencerahkan kulit.

3.Asam malat bisa membantu masalah kesehatan seperti fibromyalgia.


Meski namanya terdengar menyeramkan, kata asam malat berasal dari bahasa latin malum, yang berarti apel. Asam malat pertama kali diisolasi dari jus apel pada tahun 1785, dan itulah yang memberikan rasa masam pada makanan dan minuman. Jika Anda penggemar anggur yang sedikit asam, asam malat mungkin mempunyai peran besar. Ini juga merupakan ramuan umum pada kebanyakan produk perawatan rambut dan kulit yang meliputi:

  • shampo
  • body lotion 
  • perawatan kuku
  • produk jerawat dan anti penuaan
Asam malat adalah bagian dari keluarga asam buah, yang disebut alpha hydroxy acids (AHAs). Asam alfa hidroksi merangsang pengelupasan kulit dengan cara mencampuradukkan bagaimana ikatan sel kulit Anda. Akibatnya, kulit kusam dilepas untuk memberi jalan bagi kulit yang lebih baru. Produk perawatan kulit yang mengandung asam malat bisa memberi manfaat yang meliputi:

  • hidrasi kulit
  • pengelupasan kulit, atau pengangkatan sel kulit mati
  • Memperbaiki kehalusan dan nada kulit
  • pengurangan keriput pada kulit
Tubuh Anda juga menghasilkan asam malat secara alami pada saat pengubahan karbohidrat menjadi energi. Gerakan akan terasa sangat berat tanpa adanya asam malat. Mungkin sudah tidak begitu mengherankan lagi jika asam malat memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Teruslah membaca untuk mengetahui lebih jauh manfaat dari asam malat.


Asam malat membersihkan dan meremajakan kulit



Asam malat dalam produk perawatan kulit dipercaya karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Itu sebabnya asam malat adalah ramuan umum krim anti penuaan.

Menurut studi koneksi otak-kulit, stres pada tingkat yang lebih tinggi dapat memperburuk kondisi kulit seperti eksim, jerawat, dan penuaan dini. Dan sementara minuman anggur atau wine dapat membantu mengurangi stres tersebut, penggunaan asam malat secara eksternal bisa menjadi sebuah aplikasi yang lebih menyehatkan.

Asam malat berfungsi untuk Keseimbangan dan hidrasi pH kulit

Asam malat juga bersifat humektan.Hal ini membantu dengan retensi kelembaban untuk membantu kulit Anda tetap terhidrasi.



Sebuah studi pada tahun 2014 tentang efek hidrasi lidah buaya menggunakan asam malat, glukosa, dan senyawa kimia dalam lidah buaya (acemannan), sebagai penanda gel segar. Studi kecil lainnya juga melihat perbaikan pada luka setelah menggunakan salep yang terbuat dari asam malat dan petroleum jelly, menurut National Institutes of Health (NIH).

Asam malat sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk menyeimbangkan kadar pH. Menurut Bartek, produsen yang membuat bahan kimia kosmetik dan bahan kimia makanan, asam malat lebih seimbang dibandingkan dengan asam buah lainnya. Asam malat juga memiliki kapasitas penyangga yang lebih baik daripada AHA lainnya seperti asam sitrat dan asam laktat.

Memiliki kapasitas penyangga yang lebih baik berarti Anda dapat menggunakan lebih banyak asam malat tanpa mengganggu keseimbangan asam-basa kulit Anda, atau tingkat pH. Jika tingkat pH kulit Anda tidak seimbang, maka penghalang pelindung kulit Anda mungkin tidak stabil dan lebih rentan terhadap kekeringan atau jerawat.


Asam malat berfungsi sebagai Anti penuaan dan bekas luka ringan

AHA memajukan tingkat perputaran sel kulit lebih tinggi. Ini berarti sel kulit Anda diperbarui lebih cepat, dan menghasilkan:




  • lebih sedikit garis-garis halus dan keriput
  • lebih banyak warna kulit
  • tekstur kulit lebih halus
  • noda kulit menurun drastis
"Asam malat pada konsentrasi yang lebih tinggi juga dapat menembus ke tingkat yang lebih rendah dari kulit untuk menghasilkan pembentukan kolagen baru," kata ahli penyakit kulit Dr. Annie Chiu, direktur Institut Derm di California. Kolagen adalah protein yang membantu membangun dan memperbaiki sel. Ini mendukung kekuatan dan fleksibilitas tubuh dan jaringan tubuh lainnya dan mencegahnya kendur. Produksi kolagen melambat seiring bertambahnya usia, yang sebagian disebabkan kulit kehilangan elastisitas dan ketegasannya yang lebih tua yang Anda dapatkan.

Menggunakan produk dengan asam malat dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi tanda penuaan.


Asam malat mecegah pada jerawat

Entah itu di lotion, pembersih, atau agen pengelupas ringan, asam malat bisa membantu menghilangkan penumpukan sel mati. Ini bagus untuk kulit yang berjerawat. Bila pori-pori kulit tersumbat dengan terlalu banyak sel kulit mati dan minyak alami (sebum), komedo bisa terbentuk. Selain itu Infeksi bakteri juga bisa berkembang dan menyebabkan jerawat.



"Asam malat memecah 'lem' yang menahan sel kulit mati di lapisan luar kulit," kata Dr. Chiu. Ketika sel kulit mati ini tersapu, "Kulit Anda terlihat kurang kusam dan bila pori-pori Anda tidak tersumbat, ini membantu mengurangi pembentukan benjolan jerawat dan perubahan warna yang sering dikaitkan dengan jerawat."

Meski kedengarannya seperti obat ajaib, Dr. Chiu menganjurkan untuk tetap berpegang pada dosis rendah untuk penggunaan asam malat. Kecuali dokter Anda merekomendasikannya, produk perawatan kulit tanpa resep mengandung semua asam malat yang Anda butuhkan untuk melawan jerawat atau kulit kendur. Dosis yang lebih tinggi, seperti suplemen, sebaiknya hanya dikonsumsi jika direkomendasikan oleh dokter Anda.

Bantuan dengan fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kelainan kompleks yang menyebabkan rasa sakit dan kelelahan pada otot. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita fibromyalgia juga mengalami kesulitan memproduksi asam malat. Meskipun ada sedikit bukti pendukung, dua penelitian dievaluasi apakah kombinasi asam folat dosis tinggi dan magnesium dapat membantu mengurangi nyeri otot. Satu penelitian tidak dapat disimpulkan, namun disarankan agar kombinasi tersebut bermanfaat dalam dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama.


Dalam penelitian lain, orang yang mengkonsumsi asam malat dan magnesium melaporkan peningkatan yang signifikan dalam 48 jam setelah memulai pengobatan. Hal ini berlanjut selama delapan minggu penuh dalam penelitian ini. Setelah delapan minggu dosis pengobatan aktif, beberapa peserta diberi plasebo. Orang yang mengonsumsi plasebo melaporkan bahwa mengalami nyeri otot dalam waktu 48 jam.

Kecuali dokter Anda merekomendasikan suplemen asam malat, Anda harus mendapatkan semua asam malat yang dibutuhkan tubuh Anda dari makanan sehat yang meliputi banyak buah dan sayuran.


Gunakan dengan hati-hati

Meskipun asam malat tidak begitu memberikan iritasi pada kulit daripada AHA lainnya, namun asam ini tetap harus digunakan dengan hati-hati. Asam malat bisa membuat kulit Anda berubah merah, gatal, atau terbakar, terutama di sekitar mata.


Anda mungkin ingin melakukan sebuah tes terlebih dahulu pada produk sebelum menggunakanya secara rutin . Untuk melakukan sebuah tes, usapkan sedikit dari produk ke pergelangan tangan atau pada belakang telinga Anda. Kemudian tunggu selama 24 jam untuk melihat bagaimana kulit Anda akan bereaksi dengan tes yang Anda lakukan tadi. Jika kulit Anda mulai terbakar, segera bersihkanlah. Cari bantuan medis jika iritasi tidak kunjung hilang setelah dicuci.

Selain itu, menghirup asam malat juga dianggap berbahaya.

KESIMPULAN


Asam malat adalah AHA yang terkandung pada buah-buahan, sayuran, dan anggur. Tubuh kita juga menghasilkan asam malat secara alami saat mengubah karbohidrat menjadi energi. Banyak perusahaan kosmetik menggunakan asam malat untuk menyeimbangkan kadar pH kulit dan meningkatkan retensi kelembaban. Dengan memasukkan asam malat dalam rutinitas perawatan kulit Anda dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti penuaan, pigmentasi, jerawat, atau kekeringan. Ingatlah untuk melakukan  tes terhadap produk terlebih dahulu saat ingin  mencoba produk baru yang mengandung asam malat karena asam malat bisa mengiritasi kulit terutama di sekitar mata.


Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam malat, dengan magnesium, bermanfaat bagi penderita nyeri otot dan kelelahan. Tapi selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung kedua hal tersebut.

0 komentar