Cara ampuh mencegah diabetes!

Cara ampuh mencegah diabetes!


Sebelum kita masuk kedalam topik tentang cara mencegah diabetes, saya akan menjelaskan terlebih dahulu sedikit tentang apa itu diabetes , supaya anda dapat mengenal sedikit lebih jauh tentang apa itu diabetes sebenarnya. Karena kebanyakan orang pada umumnya belum mengenal secara jelas dan secara detail tentang apa itu diabetes sehingga mereka sering mengabaikan terhadap diabetes. Oke berikut ini saya akan menjelaskan tentang apa itu diabetes.


Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah kondisi medis yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi atau menggunakan insulin. Hal ini juga mempengaruhi pada kadar gula darah.


Diabetes dibagi menjadi tiga jenis. Tiga jenis diabetes itu adalah diabetes tipe 1, tipe 2 dan diabetes kehamilan. Untuk penjelasan singkatnya ,diabetes tipe 1 mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin dengan baik. Diabetes kehamilan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan gula darah selama kehamilan.


Penyebab diabetes tipe 1 tidak dapat dipahami dan saat ini untuk diabetes tipe 1 tersebut tidak dapat dicegah. Namun, orang yang mencoba untuk menghindari diabetes tipe 2 mungkin bisa melakukannya dengan memberikan perubahan terhadap gaya hidup nya yang sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Berikut cara ampuh mencegah diabetes!


1.Makan makanan sehat 


Obesitas merupakan faktor risiko utama penyebab diabetes tipe 2. Menurut Program Pendidikan Diabetes Nasional, orang yang kelebihan berat badan yang kehilangan 5 sampai 7 persen dari berat badannya dapat membantu mencegah diabetes.

Langkah pertama dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan untuk mencegah diabetes adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Langkah ini termasuk langkah menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tidak sehat. Menghindari makanan olahan dan kemasan juga dapat membantu dalam mencegah diabetes.

Pengontrolan porsi seringkali merupakan aspek penting dalam hal mengkonsumsi makanan sehat. Misalnya, porsi daging atau ikan kira-kira seukuran dengan setumpuk kartu. Namun, kebanyakan orang Amerika mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar secara signifikan. Dengan membatasi porsi yang berlebihan, anda bisa mengurangi sejumlah kalori sehingga menyebabkan penurunan berat badan.


2.Olahraga


Olahraga adalah bagian kedua dari langkah-langkah penurunan berat badan bagi orang yang mencoba mencegah diabetes tipe 2. Melakukan 30 menit aktivitas fisik selama lima hari dalam seminggu dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bagi anda yang saat ini belum sama sekali berolahraga mungkin bisa memulainya dengan gerakan olahraga yang ringan. Hal ini bisa termasuk tiga sesi latihan 10 menit setiap hari.

Latihan tidak harus yang berat agar efektif dalam menurunkan berat badan. Aktivitas fisik yang ringan dan konsisten juga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Contoh latihan ringan bisa meliputi:

  • Menari
  • Bersepeda
  • Renang
  • Mengambil kelas senam aerobik
  • Menggunakan alat latihan elips
  • Berjalan

Jika aktivitas-aktivitas tersebut dapat memompa jantung, maka itu bisa jadi efektif dalam mencegah diabetes.

Diabetes kehamilan meningkatkan risiko wanita terkena diabetes tipe 2. Dengan mengambil langkah menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan cara yang pelan dan sehat, wanita bisa mengurangi risikonya. Namun, wanita seharusnya tidak mulai berolahraga sampai dokter mereka memberi mereka kesempatan untuk berolahraga.


3.Berhenti merokok


Perokok secara signifikan lebih besar kemungkinanya terkena diabetes. Menurut Harvard School of Public Health, perokok 50 persen lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 daripada orang-orang yang tidak merokok. Semakin banyak orang merokok, semakin tinggi risikonya.

Berhenti merokok tidaklah mudah. Orang yang telah mengembangkan kebiasaannya dari waktu ke waktu harus bekerja keras untuk menghentikanya. Namun, juga ada banyak sumber yang dapat membantu menghentikan hal tersebut . Dukungan dari banyak orang dapat membantunya berhasil dalam menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Mungkin akan memakan waktu lama, tapi itu dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan juga dapat memperbaiki kesehatan secara keseluruhan.


4.Hindari Mengonsumsi Alkohol Berlebihan


Menurut Harvard School of Public Health, mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Namun, mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang pada orang yang sudah pernah minum alkohol mungkin memiliki efek perlindungan terhadap diabetes. Minum alkohol dalam jumlah sedang membantu tubuh menggunakan glukosa darah dengan lebih efektif. Bagi pria,cukup minum 2 kali dalam sehari. Bagi wanita, kurang dari 1 kali pengonsumsian sudah cukup .

Jika saat ini Anda tidak minum alkohol, Anda tidak perlu menerapkannya. 

Gaya hidup sehat adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi risiko diabetes.



1 komentar: