Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Organik

Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Organik


Makanan Organik

Apa itu makanan organik?


Memang sering di perdebatan tentang apakah makanan organik itu lebih baik daripada makanan non organik. Sebelum seseorang dapat memutuskan dalam  memilih makanan organik atau makanan non organik, seseorang itu haruslah mempertimbangkan terlebih dahulu masing-masing kelebihan dan kekurangan makanan organik dan non-organik itu sendiri. Pada artikel ini kita akan melihat bersama kelebihan maupun kekurangan makanan dari makanan organik. Tetapi sebelum saya melakukan itu saya ingin terlebih dahulu kita memahami dengan rinci istilah dari makanan organik. Karena saya yakin kalian belum mengerti betul istilah tersebut sampai saat ini.


Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), makanan organik meliputi:
  • Tanaman yang diproduksi tanpa menggunakan pestisida konvensional, pupuk dibuat dengan bahan sintetis atau limbah lumpur, bioteknologi atau radiasi peng-ion.
  • Daging, unggas, telur dan produk susu dari hewan yang tidak diberi antibiotik atau hormon pertumbuhan.
Makanan organik meliputi buah-buahan, sayuran, ikan,produk susu dan daging yang tidak diproses atau disuling. Meskipun pestisida melawan hama dan membantu memaksimalkan keuntungan, namun ternyata pestisida malah menyebabkan banyak implikasi pada kesehatan konsumen. Untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan makanan berlemak kimia, makanan organik telah muncul sebagai pilihan alternatif bagi kamu. Makanan organik diproduksi dengan menggunakan pupuk alami; pupuk kandang dan sistem pertanian yang membantu melestarikan tanah dan air. Kini setelah kita memiliki pemahaman tentang makanan apa yang harus diberi label organik, kemudian kita beranjak melihat kelebihan dan kekurangan dari makanan organik.

Keuntungan dari Makanan Organik


Makanan organik memiliki banyak kelebihan yang membuat mereka lebih baik daripada makanan non organik. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari makanan organik.

1.Makanan organik membantu mencegah penyakit tertentu seperti kanker, stroke dan penyakit jantung lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dan sayuran organik mengandung sekitar 40% lebih banyak antioksidan daripada buah dan sayuran non-organik yang mengurangi risiko kanker, stroke dan penyakit jantung. Makanan organik juga mengandung asam salisilat yang membantu mencegah pengerasan arteri dan kanker.

2.Makanan organik dapat melindungi lingkungan dari polusi karena bahan kimia yang menyebabkan pencemaran lingkungan tidak digunakan dalam budidaya tanaman organik. Contoh bahan kimia tertentu bila digunakan dalam produksi tanaman akan membunuh mikroorganisme atau bahkan mencemari aliran air yang berada di dekatnya. Tanah organik mengandung lebih banyak mikroorganisme daripada tanah non organik. Yang mana Organisme mikro ini menyimpan karbon di dalam tanah yang membantu menjaga iklim global. Pertanian organik membantu melestarikan tanah dan air.

3.Keuntungan lain dari makanan organik adalah mereka memiliki rasa yang baik dan nilai gizi yang tingi dibandingkan dengan makanan non-organik. Makanan organik memiliki cita rasa alami karena tidak mengandung zat aditif yang memberi makanan non organik rasa yang berbeda. Menurut penelitian terbaru tentang manfaat makanan organik, telah ditemukan bahwa makanan organik mengandung lebih banyak garam mineral dan bahan kimia sehat lainnya daripada makanan non-organik.

4.Makanan organik memiliki efek yang lebih baik pada reproduksi hewan daripada pada makanan non-organik. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa hewan yang diberi makan makanan organik dapat bereproduksi lebih banyak daripada mereka yang diberi makan makanan non-organik. Salah satu penyebab infertilitas pada mamalia seperti kita manusia adalah karena asupan makanan kimia yang banyak. Contoh ditemukan bahwa burung yang biasanya makan makanan organik memiliki tingkat produksi telur yang lebih tinggi daripada yang mengonsumsi makanan non-organik.

5.Makanan organik membantu Anda untuk mengendalikan berat badan Anda ,bahkan ketika Anda kehilangan berat badan yang tidak perlu. Pengawet yang ditambahkan ke sebagian besar makanan seperti makanan kaleng menyebabkan konsumen mendapatkan berat badan yang tidak diinginkan. Jadi salah satu cara yang orang gunakan saat ini untuk mengendalikan berat badan adalah dengan memperhatikan diet mereka dan mereka berhenti makan makanan non-organik.

Kekurangan Makanan Organik

Meski makanan organik memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki kekurangan yang akan saya bahas di bawah ini:

1. Makanan organik terbilang sangat mahal dibandingkan makanan non-organik. Hal ini karena mayoritas petani hanya memproduksi makanan non-organik. Juga kebanyakan petani dan produsen makanan ingin memaksimalkan keuntungannya, dengan menggunakan bahan kimia untuk meningkatkan ukuran dan kuantitas hasil produksinya. Biaya produksi makanan non-organik kurang, dibandingkan dengan makanan organik yang menghasilkan harga lebih rendah untuk makanan non-organik daripada harga makanan organik.

2. Makanan organik tidak dapat bertahan lama karena tidak mengandung bahan pengawet. Makanan non-organik bertahan lebih lama dari makanan organik. Pengawet sangatlah membantu produsen makanan , dan  terkadang konsumen menyimpan makanan untuk waktu yang lebih lama yang membantu mereka dalam menghemat uang.

3. Kelemahan lain dari makanan organik adalah terbatasnya pilihan produk organik yang tersedia di beberapa daerah. Beberapa tempat tidak memiliki berbagai jenis makanan organik untuk dipilih. Hal itu berarti meskipun beberapa orang mampu membeli makanan organik, mereka tidak dapat memperoleh makanan organik sesuai dengan apa yang mereka inginkan dikarenakan kelangkaan makanan organik di area tersebut.


Dari kelebihan dan kekurangan yang saya tuliskan  di atas, dapat diketahui bahwa kelebihan dari makanan organik lebih banyak dari pada  kekurangan makanan organik. Beberapa kelemahan ini bahkan bisa dieliminasi. Berdasarkan fakta ini, saya mendukung penuh terhadap peningkatan dan pertumbuhan makanan organik.


Jenis Makanan Organik

Makanan organik dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Sayuran Organik dan Buah-buahan: Ini adalah sayuran dan buah-buahan yang telah diproduksi oleh pertanian organik. Tidak ada yang menambahkan bahan kimia seperti pestisida, pupuk anorganik untuk memproduksinya. Mereka alami dan segar.
  • Produk Susu Organik: Produk susu yang tergolong organik dihasilkan dari hewan yang dibesarkan dengan cara organik. Mereka aman digunakan dan membantu menjaga kesehatan tubuh. Produk susu organik meliputi produk seperti susu, es krim, mentega dan keju.
  • Ikan dan Daging Organik: Ikan dianggap organik jika dibesarkan di kolam ikan sehingga diberi makan dengan makanan organik. Karena ikan yang ditemukan di air seperti laut dan sungai kadang memakan makanan anorganik, sehingga ikan tersebut  disebut ikan yang tidak dianggap sebagai ikan organik. Daging organik diproduksi oleh hewan yang diberi makan 100% organik atau makanan alami. Mereka tidak dimodifikasi secara genetis. Mereka tidak diberi stimulan hormon yang bisa menyebabkannya tumbuh lebih besar.

Cara mendapatkan Makanan Organik yang murah

1.Beli makanan organik langsung dari petani. Bila Anda membeli langsung dari petani, biayanya tidak akan setinggi pembelian dari pengecer. Juga lebih segar daripada membeli dari toko yang menyimpan makanan organik itu beberapa hari sebelum seseorang membeli. Dan bahkan Anda juga bisa minta diskon.

2.Beli dalam jumlah besar. Biasanya ketika Anda membeli dalam jumlah besar harga akan menjadi lebih rendah daripada ketika  Anda membeli dalam jumlah kecil. Anda juga akan menghemat waktu dan uang untuk transportasi. Namun pastikan untuk memeriksa harga beli dalam jumlah besar untuk memastikan apakah menjadi lebih murah atau tidak apabila membeli dalam jumlah besar sebelum masuk ke dalamnya.

3.Beli makanan organik di puncak musim mereka. Selama musim puncak makanan organik, Anda bisa mendapatkan makanan organik dengan harga yang lebih murah. Selama musim itu belilah dalam jumlah besar dan simpan.

4.Jika Anda tidak dapat menemukan makanan organik yang ingin Anda beli di daerah Anda, maka belilah secara online. Ada berbagai tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli makanan organik secara online. Beberapa tempat di mana Anda bisa membeli makanan organik secara online adalah: bukalapak.com, shopee.co.id, lazada.co.id. 

5.Tanam tanaman organik sendiri. Saya percaya ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan makanan organik selalu ,bahkan dengan harga lebih murah. Anda bisa memulai berkebun dihalaman belakang kecil. Anda akan takjub dengan jumlah uang yang akan Anda hemat. Dapatkan bibit dari toko pertanian yang menjual benih organik. Jika Anda ingin menumbuhkan makanan organik Anda sendiri maka Anda perlu mengunjungi situs ini.



Mungkin  cukup sampai di sini Artikel tentang Kelebihan dan kekurangan makanan Organik dari saya. Terimakasih telah mau mengunjungi website saya, dan mau membaca Artikel saya ini. Berikan comment dan saran dari Anda tentang Artikel saya ini.

4 comments