10 Cara untuk Hidup Lebih Lama, Menurut Orang paling lama Hidup di Dunia

10 Cara untuk Hidup Lebih Lama, Menurut Orang Paling Lama Hidup di Dunia


Makanlah lebih banyak karbohidrat


Nabi Tajima adalah orang tertua yang telah diakui di dunia. Tidak mengherankan, manusia berusia 117 tahun itu berasal dari Jepang, sebuah negara di mana orang dikenal hidup lebih lama dari yang lain. Pada usia 83,6 tahun, harapan hidup negara jepang adalah yang tertinggi kedua di dunia, tepat di belakang 84 tahun di Hong Kong. Tajima belum berbicara secara terbuka tentang bagaimana dia bisa hidup begitu lama hingga mampu menghasilkan 35 cicit yang luar biasa, tapi yang jelas diet adalah kunci utamanya. Satu studi di Jepang menemukan bahwa warga yang berpedoman diet di negara tersebut memiliki risiko kematian yang lebih rendah secara umum dan mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular. Pedoman ini berinti pada biji-bijian dan sayuran, diimbangi dengan daging, ikan, dan kedelai, ditambah hanya dengan beberapa porsi buah dan susu. Perlu dicatat, biji-bijian di Jepang lebih cenderung kepada beras atau mie daripada sepotong roti putih. Pelajari kebiasaan makan yang baik yang membantu desa paling sehat di dunia dapat hidup lebih lama.

Temukan tujuanmu

Jangan hanya menghitung tahun-tapi buat hitungan setiap tahun. Delphine Gibson, warga tertua di Amerika Serikat, mengatakan bahwa iman dan kehidupan gereja membuatnya tetap bertahan sampai usia 113 tahun, menurut stasiun berita WJAC. Entah Anda seorang yang spiritual atau tidak, hidup yang bermakna bisa membantu Anda hidup lebih lama. Sebuah studi di JAMA Psychology menemukan bahwa orang dewasa berusia di atas 50 tahun dengan tujuan hidup cenderung tidak memiliki kecepatan berjalan lambat atau kekuatan pegangan lemah - keduanya adalah tanda penuaan Jangan lewatkan 50 kebiasaan mudah lainnya yang dapat membantu Anda hidup lebih lama.


Jadilah penyayang

Pada usia 115 tahun, Ana Vela Rubio adalah orang tertua di Eropa. Putri wanita Spanyol tersebut mengatakan bahwa rahasia ibunya untuk kesehatan menjadi sangat baik dan ceria. Rubio "selalu mencari yang terbaik untuk kami, memberi kami pendidikan terbaik, kami telah bahagia," puterinya kepada La Vanguardia. Simak ciri kepribadian lain ini terkait dengan umur yang lebih panjang.


Seringlah Bernyanyi dan Mendengarkan Musik



Tahukah anda bahwa studi ilmiah telah menemukan bahwa musik memang benar-benar bisa mengubah suasana hati kita, dan bahkan bisa membantu kita untuk berkonsentrasi. Sehingga membuat kita merasa lebih tenang, ceria, bahagia.

Alimihan Seyiti, seorang wanita China yang mungkin adalah orang tertua di dunia, dikatakan berusia 131 tahun (meskipun catatan kelahiran China belum tentu akurat sebelum 1949). Dia telah bernyanyi dan menari sejak masih remaja, menurut Daily Mail. Semakin tua juga tidak menumpulkan cintanya pada musik. Pada 2014, dia masih bisa menyanyikan lagu setelah mendengarnya di TV hanya satu kali, menurut The Sun. Jangan lewatkan kebiasaan sehat lainnya.


Minum banyak air

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.

Air membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori

Selain itu Air juga dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Sehingga dengan minum Air banyak akan membuat hidup Anda lebih sehat dan tentunya lebih panjang .


Makan sedikit daging

Sebuah studi berskala besar selama lima tahun yang dipublikasi dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics di 2013 mengungkap, bahwa mereka yang tidak makan daging memiliki rata-rata indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada mereka yang makan daging. Selain itu, studi juga menemukan, orang obesitas yang melakukan diet vegetarian cenderung lebih banyak mengurangi berat badannya daripada mereka yang berdiet namun tetap makan daging.

Tidak setiap orang yang hidup lama menghindari produk hewani, namun sebagian orang juga tetap berpegang pada pola makan vegetarian yang sebagian besar tanpa ada daging untuk seterusnya. Anak berusia 131 tahun suka menjaga dietnya dengan hanya makan daging seminggu sekali, menurut Daily Mail.

Sarapan setiap hari dengan telur

Emma Morano adalah orang tertua di dunia pada tahun 2017 sampai dia meninggal pada usia 117. Centenarian lari ke keluarganya - salah satu saudara perempuannya hampir berhasil mencapai usia 100, dan satu lagi meninggal pada usia 102 tahun - tapi dia memiliki satu bahan rahasia yang Dia akui telah berhasil: yaitu adalah telur mentah. Setelah Perang Dunia I, seorang dokter merekomendasikan agar memakannya untuk mengobati anemia. Selama 90 tahun, dia menelan tiga butir telur setiap hari. "Ketika saya bertemu dengannya, dia makan tiga butir telur per hari, dua mentah di pagi hari dan kemudian telur dadar pada siang hari," dokternya 27 tahun mengatakan kepada berita AFP. Kami tidak selalu merekomendasikan untuk memakannya mentah-mentah, tapi telur adalah protein berkualitas tinggi yang bisa mengisi Anda saat sarapan, membuat Anda tetap kenyang dan kurang tergoda untuk mencicipi makanan ringan yang tidak sehat sebelum makan siang. Jika Anda bukan penggemar telur, cobalah sarapan bebas telur yang sehat ini.



Tunjukkan kekuatan batin

Morano juga mengatakan bahwa sebagian besar hidupnya tetap bertahan membuatnya tetap kuat. Perceraian tidak sah di Italia sampai tahun 1970, namun dia memilih untuk meninggalkan pernikahan yang tidak bahagia pada tahun 1938 setelah anak laki-lakinya yang berusia enam bulan meninggal. Pria lain menunjukkan minatnya, tapi dia memilih untuk tidak pernah menikah lagi. "Saya tidak ingin didominasi oleh siapapun," katanya kepada New York Times pada tahun 2015. Menurut sebuah penelitian, wanita dengan gagal jantung lebih cenderung mempertahankan gaya hidup sehat jika mereka memiliki kekuatan batin. Jangan lewatkan rahasia anti penuaan lainnya untuk kehidupan yang lebih lama.

Temukan orang-orang yang mencintaimu

Ketika Beatles mengatakan "cinta adalah semua yang Anda butuhkan," mereka mungkin tidak menyadari betapa akuratnya mereka. Indonesia hanya mulai menyimpan catatan kelahiran pada tahun 1900, namun Sodimedjo, yang juga dikenal sebagai Mbah Ghoto (kakek Ghoto), mungkin adalah orang terpanjang usianya yang pernah ada. Mbah Ghoto meninggal pada tahun 2017, dengan asumsi dokumen kelahirannya akurat. Dia adalah perokok berat sepanjang hidupnya tapi "memiliki umur yang panjang karena saya memiliki orang yang mencintai saya menjaga saya," katanya kepada NPR. Studi telah menghubungkan hubungan sosial yang kuat dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, ditambah risiko kematian yang lebih rendah. Baca lebih lanjut tentang aktivitas sosial tertentu yang terkait dengan kehidupan yang lebih panjang.


Makan makanan lokal


Violet Mosse Brown, yang pada usia 117 tahun adalah orang tertua di dunia selama beberapa bulan sebelum meninggal, menemukan makanan yang sesuai untuknya. Dia memberi tahu di koran Jamaican setempat, The Gleaner, bahwa dia akan "memakan segalanya, kecuali daging babi dan ayam, dan saya tidak minum rum." Tapi makan makanan lokal juga bisa sangat membantu. Pengamat Jamaika melaporkan beberapa makanan favoritnya adalah kentang manis, mangga, sukun, dan jeruk, yang semuanya tumbuh di Jamaika. Cari tahu dengan tepat berapa banyak buah dan sayuran yang harus Anda makan untuk menambahkan panjang usia ke kehidupan Anda.


0 komentar