Efek Positif dan Negatif Setelah Minum Kopi


Pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda dengan yang nama-nya kopi. Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat di indonesia terutama kalangan anak muda. Kopi merupakan minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali yang ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Selain rasa dan aroma kopi yang menarik, ternyata kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kankerdiabetes, dan berbagai penyakit jantung. Lalu apa saja efek setelah mengkonsumsi kopi. Berikut efek positif dan negatif setelah mengkonsumi kopi.

Efek positif dan negatif setelah mengkonsumsi kopi



1. Menghilangkan bau mulut

Salah satu efek yang akan ditimbulkan setelah minum kopi adalah menghilangkan bau mulut yang terdapat pada mulut anda karena telah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau. Kopi yang dimaksud disini adalah Kopi Hitam. Dengan mengkonsumsi kopi hitam ini maka anda dapat terhindar dari bau mulut akibat mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau, sehingga dengan demikian akan membuat anda menjadi lebih percaya diri karena bau mulut Anda sudah teratasi dan. Untuk itu bagi Anda yang hobi mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau menyengat Anda dapat mengatasinya dengan cara minum kopi. Selain menghilangkan bau mulut kopi juga menimbulkan aroma wangi khas kopi didalam mulut anda sehingga membuat anda lebih percaya diri dengan aroma kopi.

2. Membuat anda merasa lebih Percaya diri

Bagi anda yang suka berburu kuliner pastinya akan mencoba berbagai macam jenis makanan yang berbeda-beda sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Untuk menghadapi masalah itu seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa dengan mengkonsumsi kopi hitam dapat membantu anda untuk menghilangkan bau mulut yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi makanan. Untuk itu mengapa salah satu efek dari seseorang yang minum kopi setelah makan adalah membuat seseorang tersebut merasa jauh lebih Percaya diri. Hal ini disebabkan karena bau mulut sudah menghilang dan mendapatkan aroma yang lebih wangi yaitu aroma kopi.

3. Menurunkan diabetes

Gejala penyakit gula darah dapat dihindari dengan Mengkonsumsi kopi pada siang hari setelah anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika anda mengkonsumsi kopi pada siang hari kopi akan memproses glukosa yang terdapat di dalam tubuh sehingga diabetes yang anda derita akan segera sembuh.
Selain dapat menurunkan diabetes ternyata zat yang terkandung di dalam kopi yang anda konsumsi pada siang hari juga dapat mengatasi terjadinya peradangan serta terjadinya peningkatan hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Selain itu ketika anda mengkonsumsi kopi dengan benar dan sesuai waktu anda dapat mengatur kadar gula darah anda karena didalam kopi juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah yang ada di dalam tubuh anda. 

4. Menyebabkan anemia

Tahukah anda ternyata mengkonsumsi kopi setelah  mengkonsumsi makanan juga dapat menyebabkan seseorang terkena anemia. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan kadar zat besi yang terdapat di dalam peredaran darah. Penurunan kadar zat besi yang terdapat dalam peredaran darah disebabkan karena kandungan kafein tinggi yang terdapat di dalam kopi. Untuk itu disarankan memberi jeda dalam mengkonsumsi kopi dan mengkonsumsi makanan. 

5. Menyebabkan dehidrasi

Mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan seseorang dehidrasi, namun kopi yang dapat menyebabkan seseorang terkena dehidrasi ketika setelah meminumnya adalah kopi yang memiliki kandungan gula berlebih didalamnya. Untuk itu ketika anda ingin mengkonsumsi kopi setelah mengkonsumsi makanan Anda dapat membuat kopi dengan kadar gula rendah serta meminumnya dengan diberi jarak kurang lebih 2 jam Setelah mengkonsumsi makanan.

6. Berkurangnya kadar penyerapan zat besi

Kandungan tinggi kafein yang terdapat di dalam kopi membuat berkurangnya kadar penyerapan zat besi dalam tubuh. Untuk itu ketika anda telah selesai mengkonsumsi makanan usahakan untuk menghindari minum kopi. Karena minum kopi setelah anda mengkonsumsi makanan dapat menghambat proses penyerapan zat besi pada makanan di dalam tubuh. 

7. Membuat badan menjadi lemas

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa minum kopi setelah mengkonsumsi makanan dapat menyebabkan berbagai macam efek diantaranya efek positif serta efek negatif. Adapun salah satu efek negatif dari minum kopi setelah mengkonsumsi makanan adalah membuat badan menjadi lemas. Namun Tahukah Anda bahwa minum kopi setelah mengkonsumsimakanan yang membuat badan Anda menjadi lemas adalah makan makanan dan langsung mengkonsumsi kopi saat itu juga. Untuk mendapatkan kebermanfaatan dari kopi maka berikanlah jarak dalam mengkonsumsi kopi setelah anda mengkonsumsi makanan.
Itulah beberapa efek positif serta efek negatif ketika anda minum kopi setelah anda mengkonsumsi jengkol. Meskipun dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa minum kopi setelah mengkonsumsi makanan merupakan salah satu cara termudah untuk menghilangkan bau mulut akibat mengkonsumsi makanan, namun berikanlah jarak setelah mengkonsumsi makanan dengan minum kopi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang efek positif dan negatif setelah minum kopi.


0 komentar