Bahaya Merendam Kantong Teh Celup Terlalu Lama


Teh celup memang sangatlah disukai dan digemari oleh banyak orang karena kegunaanya yang praktis dalam membuat minuman teh secara instan dan cepat. Namun kebanyakan orang yang menggunakanya masih sering membiarkan kantung teh celup terendam dalam air terlalu lama. Dan mereka tidak tahu bahwa hal tersebut dapat menyebabkan dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh.


Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa kantong teh menjadi tidak aman karena berbagai alasan. Meski, semua bergantung pada faktor seperti bahan yang digunakan ,proses pemuatanya dan suhu saat menyeduh teh.

Untuk masalah teh yang berbahaya saat kantong teh dicelup terlalu lama disebabkan oleh adanya kandungan klorin dalam kantong teh celup. Fungsi yang sebenarnya dari zat ini adalah untuk disinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan dapat bertahan lebih lama. Kertas yang mengandung klorin terlihat tampak lebih bersih.  

Dalam industri kertas, klorin memang biasa digunakan sebagai bahan disinfektan, insektisida ,pengawet, pembersih dan pemutih kertas, yang kemudian digunakan untuk membuat popok, tissue, kain dan lain sebagainya; juga sumpit kayu satu kali pakai, oleh sebab itu di China, sumpit satu kali pakai dilarang digunakan. Kenapa? Karena berdasarkan penelitian, diduga ada kaitan antara konsumsi klorin dalam tubuh dengan kemandulan pria, bayi lahir cacat, cacat mental atau keterbelakangan mental atau serta kanker.

Sehingga jangan sekali kali mencelupkan dan merendam teh celup didalam air dalam waktu yang lama.  Jika anda mencelupkan kantong teh lebih dari 3-5 menit, maka klorin akan ikut larut kedalam teh. Agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya penyakit karena hal tersebut maka jangan pernah menyelupkan atau merendam teh celup dalam waktu lebih dari 3 menit.


Lalu apa sajakah bahaya dari penggunaan teh celup yang terlalu lama direndam dalam air gelas? Simak informasinya berikut ini :

•    Menyebabkan kemandulan pada pria


•    Ibu hamil akan melahirkan bayi dalam kondisi cacat dan mengalami keterbelakangan mental


•    Meningkatkan risiko penyakit kanker



Bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Meskipun mengandung bahaya, namun Anda tidak perlu merasa cemas dan kawatir karena ada solusi untuk menghindari bahaya dari zat klorin tersebut. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa dengan merendam teh lebih lama, maka rasa teh akan menjadi lebih nikmat karena sari teh akan keluar dengan sempurna. 

Namun ternyata justru itulah yang berbahaya, karena semakin lama Anda merendam teh celup didalam air, maka kandungan clorin didalam teh akan larut lebih banyak kedalam minuman Anda.

Lantas bagaimana cara menghindari zat klorin tersebut, caranya adalah dengan tidak merendam teh celup terlalu lama dalam air panas. Setidaknya, rendam teh celup kurang dari tiga menit. Perlu anda ketahui bahwa mencelup the selama 1-2 menit itu sudah cukup membuat warna teh menjadi kuning kecoklatan yang artinya sari dari the sudah keluar dengan sempurna. Jadi tidak perlu lagi anda merendam terlalu lama , karena hal tersebut bukanya mendatangkan kenikmatan dari teh tapi malah mendatangkan bahaya dari teh tersebut.


Masih merasa takut untuk mengkonsumi teh?

Jangan hanya karena masalah kantung teh celup yang mengandung zat klorin, lantas Anda menghindari minuman teh yang nikmat. Jika Anda masih merasa takut terkontaminasi akan zat klorin, maka ada baiknya anda beralih pada teh tumbuk. Meskipun agak ribet karena harus menyaring ampas teh, setidaknya teh tumbuk lebih aman dan lebih nikmat. Semoga informasi tentang  Bahaya Teh Celup Untuk Kesehatan dan Solusi Menikmati Teh Celup diatas dapat menambah pengetahuan Anda semua.




3 comments