Bahaya Makan Mie dan Nasi Secara Bersamaan!

Bahaya Makan Mie dan Nasi Secara Bersamaan!

Oke sobat sehat, mungkin dari kalian ada yang bingung kenapa makan Mie dan Nasi secara bersamaan itu berbahaya. Sebenarnya kalo hanya sesekali makan sih tidak berbahaya bagi anda, tapi jika anda melakukan hal ini secara terus menerus dan berkepanjangan maka itu bisa menjadi bahaya bagi tubuh anda loh. Lantas dimanakah letak bahayanya? Berikut penjelasanya.

    

Faktor-faktor timbulnya bahaya


1.Kecukupan Gizi


Tubuh anda bukan hanya memerlukan karbohidrat. Perlu kita ketahui bahwa mie dan nasi adalah karbohidrat, dan pola makan yang seperti ini sebenarnya banyak terjadi di masyarakat, bukan hanya mie dan nasi, banyak makanan lainya yang sering kita tidak sadari itu sebenarnya salah, seperti misalnya nasi campur, nasi campur sendiri biasanya terdiri dari nasi, mie, kripik kentang, prekedel, krupuk dan sebagainya, dimana semua itu adalah mengandung karbohidrat.

Apabila anda makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat maka anda akan mengalami Defisiensi atau kekurangan zat zat yang anda butuhkan.

Contohnya adalah protein, apabila anda kekurangan protein maka perkembangan sel-sel anda akan terhambat, selain itu tubuh juga membutuhkan yang namanya lemak guna membuat hormon didalam tubuh anda.

Bukan hanya itu, tubuh anda juga membutuhkan zat-zat mikro lainya  seperti vitamin A, B, C, D, E, K, dan sebagainya. Kemudian tubuh anda juga membutuhkan mineral, zat besi, kalsium, phytonutrisi.
Jadi jika pola makan anda seperti itu terus menerus, memang awalnya tubuh anda akan dapat mengatasinya tapi lama kelamaan zat-zat yang saya sebutkan tadi, seperti protein, vitamin, mineral, lemak dan zat-zat mikro lainya akan semakin berkurang, dan tubuh anda akan jatuh sakit.

Kemudian dari segi kalori, nasi sendiri jika dalam ukuran biasa seperti ukuran pada saat kita membeli nasi disebuah restoran ayam ataupun restoran padang bisa mengandung sekitar 400 kalori. Sedangkan mie ini juga tergantung dengan seberapa banyak mie yang kita makan, jika porsi dari mie sama dengan nasi kurang lebih mengandung 350-400 kalori.

Jadi dari nasi dan mie saja sudah mengandung 700-800 kalori, itu pun hanya dalam satu kali makan. Memang kalua anda makan dengan cara seperti ini sebanyak 3 kali saja kalori anda sudah tercukupi dalam sehari, tetapi untuk nutrisi yang lainya tidak tercukupi.



2.Olahraga


Jika pola makan anda seperti ini terus menerus dan dalam jumlah yang lebih besar dan tidak di dukung dengan olah raga maka hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak berbahaya pada tubuh anda yaitu salah satunya adalah obesitas atau kegemukan.

Jika anda adalah pria dan anda memiliki berat badan lebih dari 90 kg itu artinya sudah bahaya, bahkan cenderung akan mengalami penyakit lainya bukan hanya obesitas tapi akan mengalami juga penyakit seperti diabetes mellitus, jantung dan lainya.

Jika anda wanita dan memiliki berat badan lebih dari 80 kg maka anda perlu hati-hati juga dalam makan sesuatu yang mengandung kalori berlebih seperti diatas. Jika anda tidak ingin terkena berbagai macam penyakit diatas maka rubahlah pola makan anda dan segeralah berolahraga.

Bahaya makan mie dan nasi secara bersamaan


Karbohidrat jenis nasi dan mie tadi kalau kita makan maka akan sangat cepat dirubah menjadi gula, dan gula ini  akan diserap oleh tubuh anda dan akan berada didalam pembuluh darah anda, dan setelah itu pankreas akan menghasilkan suatu hormon yang disebut dengan insulin.

Jadi insulin ini akan bertugas membawa gula kedalam sel tubuh anda, tanpa adanya insulin gula ini tidak akan bisa masuk kedalam sel tubuh anda. Lalu apa yang akan terjadi jika anda terus menerus mengkonsumsi karbohidrat yang cepat sekali diubah menjadi gula? Maka akhirnya sel ini akan resistant terhadap insulin tadi, jika ini terjadi maka anda akan mengalami yang namanya penyakit diabetes.

Selain itu pankreas yang dipakai terus menerus karena yang dimakan dalam jumlah besar maka lama kelamaan pankreas ini akan mengalami yang namanya “kelelahan” yang jika itu terjadi terus menerus maka pankreas akan mengalami kerusakan.


Saran

Cobalah anda  berusaha mengganti pola makan  anda jika pola makan anda seperti ini. Coba perhatikan di piring anda, anda bisa memasukkan daftar menu makanan bergizi lainya selain karbohidrat. 

Misalnya anda bisa menggabungkan nasi dengan sayuran, meskipun sayur juga mengandung karbohidrat namun sayur sendiri juga mengandung nilai gizi lain seperti viamin, mineral, dan serat ini juga sangat baik buat anda. Jadi indeks glikemik atau kadar gula anda tidak langsung melonjak tinggi karena indeks glikemik sayur tersebut itu rendah.

Selain itu anda juga bisa memasukkan protein didalam menu makan anda, seperti daging, ikan, telur, bubur kacang, serta kedelai. Nah, jika pola makan anda sudah seperti itu, seperti ada karbohidrat, ada protein, ada lemak yang baik misalnya dari lemak ikan atau zaitun, serta buah-buahan maka itu sangat baik untuk anda dan angka kecukupan gizi di dalam tubuh itu lengkap dan tercukupi.




Sekian informasi mengenai bahaya makan mie dan nasi secara bersamaan, semoga informasi yang telah saya berikan pada kali ini dapat anda mengerti dan dapat anda praktikkan di kehidupan sehari-hari anda. 

0 comments