5 Kesalahan Fatal Dalam Diet Yang Sering Dilakukan Banyak Orang!



Mempunyai tubuh slim, mempunyai tubuh ideal adalah idaman bagi setiap orang. Tidak peduli wanita maupun pria ataupun anak-anak, mempunyai tubuh yang ideal itu merupakan hal yang membanggakan. Banyak dari mereka yang ingin mendapatkan hasil yang baik, mempunyai tubuh yang slim dengan melakukan berbagai macam cara. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas 5 Kesalahan Fatal Dalam Diet Yang Sering Dilakukan Banyak Orang!

5 Kesalahan Fatal Dalam Diet Yang Sering Dilakukan Banyak Orang!


1.Diet Dengan Tidak Mengkonsumsi Nasi

Sebenarnya tubuh kita itu membutuhkan asupan karbohidrat yang salah satunya adalah nasi. Sebenarnya dengan tidak mengkonsumsi nasi itu tidak masalah, karena sumber karbohidrat bukan hanya terdapat pada nasi, sumber karbohidrat bisa anda dapatkan dengan mengkonsummsi jagung, umbi, kentang dan lain sebagainya. 

Namun banyak orang Indonesia yang salah presepsi bahwa makan nasi bisa menjadikan gemuk, nasi bisa menyebabkan penumpukan lemak. Pernyataan ini menurut saya adalah pernyataan yang keliru, kenapa?, karena sebenarnya bukan dari nasinya, tapi sebenarnya dari jumlah kalori yang anda konsumsi pada hari itu, dan itu akan terakumulasi setiap harinya.

Banyak dari mereka yang berkata, kalau mereka keluar mereka tidak akan makan nasi, tapi makan makanan lain selain nasi dengan jumlah yang besar, contohnya mereka tidak makan nasi, tapi makan pitza, makan mie, makan kentang goreng dan sebagainya. Kebiasaan makan makanan cepat saji seperti ini malah akan menambah jumlah kalori yang lebih besar bahkan melebihi jumlah kalori nasi. 

Kalo anda boleh belajar coba cari tahu berapa sih kalori nasi setiap 100 gram dibandingkan dengan kentang goreng misalnya. Anda mengurangi makan nasi itu sebenarnya baik, tapi bukan berarti dengan mengurangi nasi, anda justru makan makanan yang lain dalam jumlah besar yang tentu saja hal ini akan menambah jumlah kalori dalam tubuh anda.

2.Diet Dengan Hanya Mengkonsumsi Tahu Mentah


Diet tahu mentah ini sebenarnya cukup popular di negara Korea, namun banyak orang Indonesia yang menirunya tapi keliru, kenapa keliru? karena tahu yang dimakan mentah pada dasarnya adalah jenis Silken Tofu, sedangkan tahu-tahu di indonesia yang di jual di Supermarket ataupun di pasar tradisional itu merupakan jenis Chinese Tofu yang direndam dalam air, yang mana tahu jenis seperti ini tidak boleh di konsumsi dalam keadaan mentah. Dan jika anda memaksakan mengkonsumsi tahu jenis ini dalam keadaan mentah mungkin awalnya anda akan tahan, tapi lama-kelamaan dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda, terutama bagi ibu hamil jangan mengkonsumsi tahu mentah tersebut.

Apa dampak mengkonsumsi tahu mentah untuk diet tanpa mengkonsumsi makanan lainya?

Oke, sebenarnya tubuh kita bukan hanya membutuhkan nutrisi dari tahu saja. Jika anda terus menerus melakukan diet dengan tahu, mungkin berat badan anda akan turun dibulan pertama atau bahkan diminggu pertama, tapi jika anda mengkonsumsi seperti ini terus menerus anda akan mengalami kekurangan gizi yang lainya. Contoh, anda akan kekurangan Serat, Vitamin, Karbohidrat, energi, dan sebagainya, dan akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. 

Contohnya mungkin kekuatan anda akan menurun, rambut anda akan banyak yang rontok , gangguan hormon, mungkin pada wanita, haid akan tidak teratur, gangguan mood atau gangguan lainya.

Sebenarnya mengkonsumsi tahu itu baik, tapi bukan berarti anda mengkonsumsi tahu pagi siang dan malam selama beberapa bulan bahkan tahun. Karena itu akan berdampak bahaya bagi tubuh anda.

3.Diet Dengan Hanya Mengkonsumsi Apel

Kesalahan fatal yang ke tiga adalah, hanya mengkonsumsi satu apel setiap hari. Di sini sama seperti tahu tadi, sebenarnya mengkonsumsi apel itu baik, namun jika hanya mengkonsumsi apel dan di lakukan terus menerus setiap harinya, ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Yang terjadi jika anda terus menerus melakukan hal seperti itu adalah anda akan kekurangan bahan-bahan nutrisi dari makanan lainya, anda akan kekurangan energi dari karbohidrat, anda akan kekurangan protein dan ini akan berdampak buruk bagi tubuh anda.

4.Diet Dengan Hanya Mengkonsumsi Suplemen


Diet ini saya anggap adalah diet yang keliru, karena tubuh manusia di desain untuk mengkonsumsi makanan-makanan real food. Lalu apa itu Suplemen? Suplemen adalah makanan tambahan yang kita makan ketika makanan utama kita tidak mencukupi nilai gizi yang diperlukan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan protein di pagi hari anda boleh mengkonsumsi Suplemen, tapi di siang hari dan di malam hari anda tetap harus makan. 

Disini akan saya perjelas dengan angka. Mungkin anda membutuhkan protein 60 gram tapi dalam satu hari terseebut anda baru mengkonsumsi protein sekitar 40 gram, untuk memenuhi kekurangan protein tersebut anda boleh mengkonsumsi suplemen, mungkin bisa dari susu soya, susu sapi atau susu almond dan sebagainya.

5.Diet Dengan Hanya Mengkonsumsi Air Putih

Jika anda terus menerus hanya mengkonsumsi air putih dan dilakukan dalam jangka Panjang, otomatis anda akan kekurangan zat gizi dari karbohidrat, dari protein, dari lemak, dan itu akan membuat sistem dalam tubuh anda kacau. Berikut bagian sistem dalam tubuh yang akan kacau:

  • Hormon akan kacau
  • Menstruasi akan tidak teratur
  • Mudah stress
  • Mood Tidak Baik





Itu tadi adalah 5 kesalahan fatal yang menurut saya banyak sekali orang-orang lakukan dinegara Indonesia maupun di Dunia. Semoga artikel saya tentang 5 Kesalahan Fatal Dalam Diet Yang Sering Dilakukan Banyak Orang ini bisa bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda tentang ilmu kesehatan.

0 komentar