6 Penyebab Umum Sakit Kepala


Oke sobat sehat, kalau kita lihat orang di Indonesia bahkan mungkin orang di seluruh dunia akan melakukan hal yang sama saat mereka sedang mengalami sakit kepala yaitu mencari obat sakit kepala. 

Saya ingin sedikit menjelaskan kepada anda yang mungkin sering menggunakan obat sakit kepala disaat anda mengalami sakit kepala, perlu anda ketahui bahwa obat sakit kepala itu hanya meredakan nyeri kepala anda dengan jangka waktu hanya sementara. Dan yang perlu anda ketahui adalah penyebab dari sakit kepala tersebut. Jika tidak, mungkin sekarang anda minum obat, kemudian setelah itu anda sembuh, tapi keesokan harinya atau satu minggu kemudian jika anda mengulangi penyebabnya maka anda akan mengalami sakit kepala kembali. 

Dan jika anda mengkonsumsi obat terus menerus, yang di takutkan adalah efek samping dari obat tersebut. Maka disini saya akan membahas satu persatu penyebab umum dari sakit kepala.

6 penyebabumum sakit kepala


1.Kurang Tidur

Jika anda kurang tidur maka tubuh akan mengalami banyak kerusakan. Pada saat anda tidur maka tubuh akan melakukan yang namanya recovery atau perbaikan, begitu pula pada otak anda. Pada otak anda ada yang namanya neuron atau syaraf-syaraf, lebih tepatnya di cerebral otak anda, itu akan dipulihkan kembali dengan sendirinya saat anda tidur. 

Jadi terjadinya proses perbaikan bukanlah pada saat anda makan, melainkan saat tidur. Karena makanan hanya mengisi nutrisi bagi perbaikan otak dan tubuh anda, tetapi proses perbaikan terjadi pada saat anda tidur. Maka percuma jika anda memenuhi bahan bakunya, tetapi anda tidak mengistirahatkan tubuh anda.


2.Stress

Stress boleh dikatakan semua orang didunia ini pasti mengalami yang namanya stress, tapi yang terpenting adalah bukan seberapa besar stress yang anda hadapi, tapi yang terpenting adalah bagaimana caranya anda memanajemen stress anda, dan bagaimana anda merespon sebuah stress.

Sakit kepala yang dihasilkan oleh stress paling banyak adalah TTH (Tension Type Headache). Tipe  sakit kepala seperti ini mungkin pernah anda rasakan yaitu sakit dimana pada bagian mulai dari belakang kepala anda sampai ke pundak itu terasa kaku dan terasa sangat keras. Jika terjadi hal seperti ini, otot terlalu tegang otomatis pembuluh darah dan syaraf pada bagian itu akan tertekan, dan akhirnya banyak yang mencari obat untuk relaksasi. 

Sebenarnya penyebab utamanya adalah anda terlalu stress, karena banyak dijumpai pada pelajar, pekerja kantoran yang terlalu fokus dan sibuk, mereka sering mengalami kaku di bagian leher sehingga hal tersebut menyebabkan gangguan susah tidur pada malam hari, dan akhirnya semua itu mengakibatkan munculnya sakit kepala.


3. Dehidrasi

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa hubungan sakit kepala dengan dehidrasi. Sebenarnya tubuh kita itu kurang lebih 70% terdiri dari cairan, jadi air didalam tubuh kita itu sangat berperan penting untuk melancarkan sirkulasi dan metabolisme didalam tubuh. 

Jika anda kekurangan cairan maka sirkulasi dan metabolisme dalam tubuh anda akan terganggu, begitu pula dengan peredaran nurtrisi dan oksigen ke otak anda akan terganggu, sehingga jika peredaran terganggu maka otak anda yang membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi akan terganggu.

Jadi ingat bahwa tubuh anda sangat membutuhkan cairan, dan jumlah cairan itu adalah  40cc per kg berat badan anda. Nah, dalam kondisi cuaca sedang panas ataupun disaat anda sedang berolah raga ketika itu anda boleh menaikan jumlah jumlah cairan anda.


4.Flu

Jadi mereka yang flu atau pilek akan mengalami sakit kepala, karena biasanya flu atau pilek itu disebabkan oleh infeksi virus yang akan menyebabkan peradangan, jika tubuh mengalami peradangan biasanya tubuh akan merasakan sakit pada bagian sendi dan termasuk pada kepala anda. 

Jika hal ini terjadi maka yang anada butuhkan adalah beristirahat lebih banyak dan mengkonsumsi lebih banyak air putih dan vitamin c , yang bisa anda dapatkan dari sayur sayuran dan buah buahan atau mungkin anda bisa mendapatkanya dari tambahan seperti suplemen makanan.


5. Sakit Gigi

Sakit gigi sangat erat hubunganya dengan sakit kepala, karena sangat dekat posisinya dan sayarafnya pun saling terhubung. Banyak orang di Indonesia bahkan mungkin di dunia sangat malas dalam kontrol gigi dan malas dalam menjaga gigi mereka sehingga sampai berlubang, kalau sampai berlubang itu akan sangat sakit sekali sehingga anda tidak bisa tidur dengan nyenyak bahkan tidak bisa merasakan nikmatnya makan. 

Saya sarankan kepada anda semua yang sedang membaca  artikel saya ini. Anda bisa melakukan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, dan juga anda harus menjaga kebersihan mulut anda sehingga dengan melakukan hal tersebut anda bisa mengurangi resiko gigi berlubang


6. Mengkonsumsi makanan dingin terlalu cepat

Ada orang mengatakan bahwa makanan atau minuman dingin yang masuk kedalam tubuh suhunya akan kembali normal.

Pernyataan tersebut memang benar, saya tidak menyalahkanya, tetapi perlu anda ketahui bahwa tubuh harus memecah yang namanya ATP ( Adenosin Trifosfat) untuk mengahasilkan energy sehingga bisa menormalkan kembali suhu yang terlalu dingin tadi dengan waktu yang agak lama, maka jika anda mengkonsumsinya terlalu cepat maka akan mengganggu sistem dan syaraf-syaraf anda, sehingga akan menyebabkan sakit kepala. 

Hal tersebut memang biasanya tidak berlangung lama, tetapi jika anda sering melakukan ini otomatis tidak baik juga bagi tubuh anda.



Oke sobat sehat, itu semua adalah 6 penyebab umum dari sakit kepala. Pesan dari saya, jangan terlalu gegabah dan terlalu sering dalam mengkonsumsi obat sakit kepala karena jika anda terlalu sering mengonsumsi obat karena kebiasaan tersebut dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh.



0 komentar