Apakah Berkeringat Berarti Kehilangan Lemak?




Oke sobat sehat, kita sering sekali mendengar banyak yang menyatakan bahwa tidak perlu olahraga terlalu lama, tidak perlu olahraga berat yang peting keluar keringat. Dengan keluarnya keringat mereka beranggapan bahwa akan keluar lemak juga dan mereka beranggapan akan membuat tubuh kita lebih kurus,lebih langsing. 

Dan apakah anggapan mereka itu benar? Sebelum saya menjawab hal itu, saya akan menjelaskan dulu apa sih itu keringat, dan kenapa tubuh kita berkeringat.

Sebenarnya keringat berasal dari kelenjar keringat yang terdapat pada kulit kita. Lalu kenapa tubuh kita bisa berkeringat? Jadi tubuh kita mengeluarkan keringat sebenarnya untuk mengatur suhu tubuh atau mengatur temperature tubuh  kita. Bagi anda yang terkena terik sinar matahari dengan waktu yang lama, maka tubuh anda akan mengeluarkan cairan yaitu keringat, bertujuan agar temperature tubuh anda tidak terlalu tinggi. Dan apabila tubuh kita tidak bisa berkeringat maka panas akan berkumpul pada tubuh kita sehingga akan mengganggu metabolisme pada tubuh.

Banyak dari mereka yang berolah raga beranggapan bahwa dengan berolahraga dapat menurunkan berat badan karena banyak keringat yang keluar pada saat berolahraga. Sebenarnya itu adalah anggapan yang salah, karena pada saat anda berkeringat, yang keluar adalah cairan tubuh, bukan lemak pada tubuh anda.

Memang ketika anda berolahraga tubuh akan membakar kalori, tetapi bukan berarti lemak anda ikut keluar bersama keringat anda.

Anggapan bahwa berkeringat dapat membuat tubuh kita menjadi kurus ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Itu semua tergantung jenis olahraga anda dan pola makan anda. Jika anda hanya berjemur kemudian berkeringat tanpa melakukan aktivitas fisik, kemungkinan untuk menurunkan lemak dalam tubuh anda sangatlah kecil dan bahkan mungkin tidak membakar sedikitpun lemak yang ada didalam tubuh anda. Jika anda hanya melakukan hal itu selama berjam-jam maka anda hanya akan mengalami dehidrasi, karena kehilangan cairan dengan jumlah banyak.


Banyak juga yang melakukan olahraga disiang hari dengan menggunakan jaket untuk memaksa tubuh berkeringat lebih banyak dan mereka puas karena setelah itu berat badan mereka turun drastis, tetapi setelah anda mengkonsumsi cairan dan anda makan lagi maka berat badan anda akan kembali seperti semula, karena yang keluar bukanlah lemak melainkan adalah cairan anda.

Jika anda melakukan hal itu terus-menerus dan anda mengurangi jumlah cairan anda karena anda takut berat badan anda kembali lagi, maka anda akan mengalami dehidrasi, sehingga ginjal dan jantung anda akan berkerja lebih berat.

Lemak sendiri pada tubuh kita tersimpan di bawah kulit atau disebut dengan lemak Subkutan. Sebenarnya lemak ini tidak berbahaya bagi anda. Kemudian ada juga lemak yang tesimpan di dalam rongga tubuh anda yang disebut lemak visceral, lemak inilah yang berbahaya karena lemak  ini tersimpan didalam organ-organ tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kinerja dari organ tubuh, misalnya jantung anda terbungkus dengan lemak otomatis jantung anda tidak bisa memompa darah dengan baik.

Selain itu, di dalam otot kita juga terdapat kandungan sedikit lemak tetapi jangan kuwatir lemak ini tidak berbahaya.

Bagaimana cara agar lemak tubuh bisa terbakar?

Pola makan sangatlah penting, kelebihan kalori yan anda makan akan menjadi lemak, bukan berarti saya makan lemak akan menadi lemak. Jadi, ketika anda makan lemak, protein, karbohidrat, kalori, kalau semua itu berlebihan maka akan disimpan dalam bentuk lemak, apalagi anda tidak melakukan aktivitas apapun maka lemak itu akan menumpuk pada tubuh anda, terutama bagi para pria akan menumpuk pada sentral daripada tubuh yaitu perut, sedangkan wanita biasanya lemak akan disimpan pada bagian lengan,pantat, paha.

Kesimpulan

Jadi kesimpulanya, tubuh yang berkeringat belum tentu kehilangan lemak. Tetapi tubuh kehilangan cairan yang mana apabila kita mengkonsumsi makanan atau cairan lagi, maka tubuh yang semula berkurang berat badanya maka akan kembali seperti semula seperti saat sebelum berkeringat.

oke sobat sehat, mungkin seperti itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai apakah berkeringat berarti kehilangan lemak. 

                                                                                                                                                                           

0 komentar