Gejala Dan Penyebab Penyakit Asam Urat 100% Akurat !



Oke sobat sehat, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata Asam Urat. Mungkin dari keluarga atau teman anda ada yang menderita asam urat ini, dan mungkin dari mereka belum ada yang tau betul tentang asam urat sebenarnya. Banyak orang yang bilang kalua sendi yang sakit itu adalah karena asama urat, padahal tidak semua sakit pada sendi itu disebabkan oleh asam urat. Dan disini saya akan menjelaskan tentang asam urat agar anda tau betul apa itu asam urat yang sebenarnya.

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat merupakan senyawa nitrogen yang dihasilkan dari Metabolisme di dalam tubuh kita, baik itu metabolisme protein atau metabolisme DNA dalam tubuh kita. Agar anda lebih mudah memahami, saya akan menjelaskan dengan contoh. 

Contoh di kehidupan sehari-hari kita mengkonsumi makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat dan nutrisi lainya. Makanan yang kita konsumsi sebagian besar di serap oleh tubuh kita dan sebagian lagi akan menjadi limbah pada tubuh kita, dan limbah-limbah ini akan dikeluarkan oleh tubuh kita melalui usus dan ginjal. 

Nah, ketika ada pertanyaan, limbah kita kan sudah di keluarkan dari tubuh kita, tapi kenapa saya masih terkena asam urat? Maka jawabanya adalah karena proses pengeluaran limbah ini tidak berjalan dengan lancar atau limbah yang masuk terlalu banyak. Sebenarnya secara normal tubuh kita ini mengeluarkan limbah-limbah termasuk asam urat, namun pada sebagian orang justru asam urat ini akan mengendap pada jaringan atau sendi mereka, atau di kenal dengan sebutan Gout Artritis.

Penyebab Asam Urat

Sebenarnya penyebab asam urat disini bermacam-macam, namun di sini saya sederhanakan menjadi 3 point saja agar mudah anda pahami.


1.Produksi Asam Urat Yang Berlebihan

Penyebab yang pertama adalah produksi Asam Urat yang berlebihan. Pada kasus ini saya akan berikan contoh. Mereka yang menderita kanker akan terjadi yang namanya Turn Over Purin yang berlebihan dalam tubuh mereka yang berasal dari metabolisme DNA, sehingga terbentuk purin yang sangat banyak dan menyebabkan asam urat.

2. Eskresi Yang Menurun

Ekskresi merupakan pengeluaran zat sisa yang tidak di butuhkan lagi oleh tubuh kita. Jika fungsi ekskresi dalam tubuh kita menurun maka limbah-limbah inin tidak dapat dikeluarkan . Limba-limbah ini termasuk zat yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita. Contoh nya pada kasus pasien yang mengalami gagal ginjal, karena ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik sehigga limbah-limbah tadi tidak bisa di buang termasuk asam urat.

3. Apa Yang Kita Konsumsi


Di sini konsumsi purin yang berlebihan adalah contohnya makanan jeroan, daging merah, makanan-makanan siput, karena makanan-makanan tersebut mengandung purin yang berlebih seingga menyebabkan asam urat. Selain itu, mengkonsumsi alkohol , obat-obatan juga menyebabkan asam urat.

4. Stress

Asam urat dapat dipicu oleh stress yang berlebihan, untuk itu anda butuh keseimbangan hidup. Apabila anda sudah menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam urat, namun anda tidak mengontrol stress anda maka ini akan mengganggu mekanisme dalam tubuh anda, sehingga pembuangan limbah pada tubuh anda akan terganggu, dan akhirnya limbah yang seharusnya dibuang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh dan akan mengendap pada jaringan yaitu ginjal. 

Asam urat  yang mengendap pada jaringan ginjal akan memebentuk kristal dan menyebabkan batu ginjal. Dan asam urat yang mengendap pada sendi-sendi anda akan membentuk Gout Artritis yang akan menyebabkan sendi menjadi terdorong keluar sehingga timbul benjolan. Dan apabila suatu saat benjolan itu pecah maka akan menimbulkan peradangan pada sendi anda.

Bagi anda yang mempunyai keluhan masalah sendi yang sakit maka segeralah konsultasikan ke dokter secara langsung, karena apabila anda hanya menanyakan kepada dokter tidak secara langsung maka dokter tidak akan dapat mendiagnosa secara pasti penyakit anda tersebut.


Oke sobat sehat, itu adalah penjelasan mengenai gejala asam urat dan penyebabnya , semoga dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar