Beginilah Cara Gula Merusak Tubuh Anda

Beginilah Cara Gula Merusak Tubuh Anda



Gula yang kita tahu itu berasal dari tebu. Tebu itu diproses untuk menghasilkan gula melalui proses yang namanya “Rafinasi”. Dari proses tersebut, sebenarnya gula sudah tidak ada manfaat sebagai nutrisi lagi bagi tubuh kita. Gula hanya menambah jumlah kalori ditubuh kita. 

Kenapa masih banyak orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia masih menggunakan gula? karena gula berfungsi untuk menambahkan rasa manis pada makanan.

Di Indonesia banyak sekali makanan yang menggunakan gula, contohnya permen, coklat, minuman bersoda, teh manis dan lainya, dimana gula ini sangatlah berbahaya baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kalau saya amati beberapa anak justru cenderung mengarah ke diabetes. Beberapa mahasiswa sudah mengalami yang namanya prediabetes, dan beberapa juga sudah mengalami diabetes karena pola makan yang tinggi kandungan gulanya.


Berapa sih sebenarnya dosis gula harian kita?


Disini saya mengutip dari rekomendasi AHA(American Hearth Association), untuk pria dosis gula harianya adalah 36 gram/9 sdt, untuk wanita 20 gram/5 sdt, dan untuk anak-anak 12 gram/3sdt.
Sedangkan rekomendasi dari kementrian kesehatan republik Indonesia menyebutkan jumlah harian gula yang boleh kita konsumsi adalah 50 gram/12 sdt.


Apa yang terjadi jika kita mengkonsumsi gula berlebihan dalam setiap harinya?


1.Karies Gigi


Untuk anak-anak, banyak sekali orang tua yang mudah sekali memberikan gula atau permen kepada anak mereka. Sebenarnya ini adalah kebiasaan yang salah. Kenapa? Karena banyak sekali anak-anak Indonesia yang giginya sudah berlubang (karies gigi), yang disebabkan karena gula yang dimulut lama-kelamaan akan membentuk asam oleh bakteri, dan asam inilah yang akan menghancurkan email gigi sehingga membuat gigi mudah bolong.

2.Obesitas


Gula dapat menyebabkan penyakit obesitas, karena gula tidak mengandung nutrisi tetapi hanya mengandung kalori, sehingga kalau terlalu banyak mengkonsumsi gula maka kalori akan semakin menumpuk dan menyebabkan obesitas.


3.Diabetes



Nah, kalau sudah terkena diabetes, ini mudah sekali menyebar kemana-mana, kenapa? Karena orang yang mengalami diabetes itu mempunyai gangguan penyerapan glukosa yang berasal dari gula juga. Ketika gula-gula ini berada di pembuluh darah dalam waktu lama dan tidak bisa masuk dalam sel, maka pembuluh darah ini akan rusak. Kalau sudah rusak, maka tergantung rusaknya dimana, kalau rusaknya di ginjal itu namanya kita terkena penyakit ginjal, kalau di jantung dan pembuluh darah , itu anmanya terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.


Sekian sharing saya hari ini. Kalau ada pertanyaan atau komentar maka anda boleh komentar di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah. Saya harap anda memberikan komentar yang positif dan saya akan sangat senang sekali membacanya.

Oke nantikan artikel-artikel tentang kesehatan lainya pada postingan saya selanjutnya.






0 komentar