Dampak dan Efek Stress Yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh


Dampak dan Efek Stress Yang Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh



Oke sobat sehat, stress di sini tidaklah selalu mengarah pada sesuatu yang buruk ya sobat. Bisa saya katakan stress di sini bisa mempunyai dampak positif maupun dampak negatif. Jadi, stress itu tidak selamanya jelek, karena stress itu juga perlu. Ketika anda mengalami stress, otak anda akan menghasilkan sesuatu yang namanya hormon, hormon ini namanya adalah hormon kortisol.

Hormon kortisol ini berfungsi untuk mendistribusikan energi pada daerah atau organ yang membutuhkan. Contoh, ketika anda melihat suatu bahaya, maka anda akan mengalami stress atau rasa kawatir sehingga muncul hormon kortisol tersebut sehingga tubuh anda akan merespon untuk lari menghindari bahaya tersebut, karena otak menangkap sinyal tersebut sebagai bahaya. Jadi, stress itu tetap diperlukan, tetapi bukan dalam jangka panjang.

Bagaimana efek stress yang berkepanjangan?


Saat anda mengalami stress berkepanjangan maka otak anda tetap akan menghasilkan hormon kortisol. Namun jika hormon tersebut dibentuk dalam jangka waktu panjang, tentu saja hal itu tidak baik untuk tubuh anda.

Bagaimana cara kerja stress dalam tubuh dan bagaimana efek dari stress?

Stress yang berlebihan akan mengganggu sistem urinaria anda sehingga membuat ginjal anda akan bekerja lebih berat dari biasanya. Selain itu stress yang berlebihan juga akan mempengaruhi sistem pencernaan anda. Selain itu stress yang berkepanjangan juga dapat mengganggu sistem kerja otak anda. 

Mungkin pada awalnya terasa ringan, tetapi lama kelaman akan semakin berat. Sehingga banyak orang yang sering mengalami lupa dikarenakan stress yang tinggi tersebut. Stress tinggi atau kekhawatiran yang berlebihan akan mengganggu kinerja otak anda, jika di biarkan berlarut-larut akan menyebabkan penyakit alzeimer, karena stress juga merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan alzeimer.

Ada sedikit cerita mengenai seorang anak yang berusia 9 tahun disalah satu fakultas kedokteran di Amerika Serikat. Jadi ceritanya pada waktu itu ada seorang anak berusia 9 tahun yang harus menjalani operasi untuk mendekatkan dinding lambung dan perut dan dibuatkan sebuah lubang untuk lewatnya makanan, karena sebelumnya anak tersebut mengkonsumsi sup panas yang akhirnya membuat kerusakan pada kerongkongan sampai lambung.

Setelah dilakukan operasi, tim yang melakukan operasi tersebut melakukan penelitian terhadap anak tersebut selama belasan tahun, di teliti hubungan antara kinerja otak dengan lambung anak tersebut. Saat anak ini mengalami stress dan cemas berlebihan, membran mukosa pada lambung anak ini berwarna sangat merah sekali, dan terkadang keluar darah serta kinerja dari lambung juga menurun. Tetapi ketika anak ini ceria dan tidak sedang dalam kondisi stress, membran lambung anak ini bagus dan tidak berdarah serta berfungsi dengan baik.

Jadi, dari sisi medis pikiran anda sangat berpengaruh terhadap sistem didalam tubuh anda, bukan hanya pencernaan anda, bukan hanya otak anda, tetapi seluruh sistem tubuh anda akan terganggu. Dan masih banyak sekali orang yang ketika punggungnya terasa sakit sedikit saja kemudian langsung membeli obat di Apotik. Padahal obat atau terapi yang sebenarnya adalah anda harus menghilangkan kekhawatiran atau stress anda.

Kesimpulanya Stress sangat berbahaya apabila terlalu berlebihan dan berkepanjangan. Cobalah untuk melatih menghilangkan stress anda dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.


Munkin itu beberapa penjelasan dan beberapa contoh dari saya, semoga anda dapat mengerti dan memahami dari penjelasan saya tersebut. Semoga anda tetap sehat selalu , salam sehat dari saya dan sampai jumpa.




0 komentar