Penyebab dan Bahaya Obesitas serta Solusinya (100% Alami)

Penyebab dan Bahaya Obesitas serta Solusinya (100% Alami)


Oke sobat sehat, dalam 10 tahun belakangan ini negara kita Indonesia telah mengalami kekhawatiran dalam dunia kesehatan, yaitu berkembang pesatnya penderita obesitas. Obesitas sendiri berhubungan dengan penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, depresi, kemandulan, dan bahkan hingga kanker. Dan celakanya lagi banyak anak-anak kecil di Indonesia yang sudah mengalami kegemukan bahkan obesitas. Walaupun masih usia dini, tidak menutup kemungkinan mereka bisa menderita penyakit-penyakit yang berbahaya.

Ada alasan psikologis maupun  fisiologis yang mendasari obesitas. Namun ada permasalahan yang mendasar bagi obesitas tersebut, yaitu permasalahan antara energi Intake dan energi Expenditure.
Apa itu energi intake dan energi expenditure? Energi intake adalah jumlah energi yang anda peroleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Sedangkan energi expenditure adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh anda untuk beraktifitas dengan baik.

Jadi di sini terjadi ketidakseimbangan antara energi intake  atau energi yang masuk dengan energi yang anda gunakan. Dengan berlebihnya energi intake otomatis energi tersebut akan di simpan dalam bentuk lemak di tubuh anda.

Pada zaman sekarang ini sangatlah mudah dalam mendapatkan sesuatu tanpa bergerak atau tanpa harus beranjak dari duduk, khususnya makanan. Zaman sekarang ini sangat mudah sekali mendapatkan makanan dalam bentuk kemasan sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya tanpa harus bergerak. Sehingga anda akan banyak duduk atau beristirahat. Hal ini akan membuat energi anda dalam tubuh anda akan berlebihan. Hal ini lah yang mendasari kenapa banyak orang Indonesia yang mengalamai obesitas.

Selain itu, stress juga berperan penting dalam obesitas. Jadi, system hormon kita akan bereaksi terhadap emosi negative sehingga akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan dan dapat mengganggu system dalam  tubuh anda, salah satunya adalah system hormon. Ketika stress, hormon pada tubuh akan kacau, sehingga akan memperlambat metabolisme pada tubuh anda. Maka akan menghasilkan penumpukan lemak pada tubuh anda. Dan akan mempersulit anda dalam menurunkan obesitas anda.

Obesitas menurut TCM (Traditional Chines Medichine)


Obesitas menurut TCM (Traditional Chines Medichine) adalah hasil dari akumulasi dampness dalam tubuh, juga merupakan hasil penurunan fungsi jaringan limpa sehingga mengakibatkan penurunan metabolisme pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan stress, factor kurang gerak, dan kebiasaan makan yang buruk.

Program yang dapat diterapkan untuk pasien obesitas adalah meliputi program:

  • Akupuntur
  • Terapi herbal

Yang bertujuan untuk mengembalikan kesehatan organ pencernaan dan metabolisme mereka. Dan juga bertujuan untuk menghilangkan dampness yang berlebihan pada tubuh mereka.
Program tersebut harus ada kerjasama antara dokter dengan pasien. Akupuntur dan terapi herbal tidak akan membantu jika anda tidak melakukan aktifitas fisik di rumah dan tidak melakukan pengurangan jumlah kalori anda di rumah.

Solusi untuk mengatasi Obesitas


1.Diet/pola makan


Ada ratusan diet yang ditawarkan di indonesia, namun diet-diet seperti ini keliru. Banyak diet yang menganjurkan anda untuk tidak makan apapun, ada yang menganjurkan hanya makan satu buah apel dan tahu mentah setiap harinya. Namun jika anda melakukan hal demikian, sebenarnya hal ini bertolak belakang dengan system metabolisme tubuh anda.

Dengan melakukan diet yang seperti itu mungkin berat badan anda akan turun dalam hitungan hari, namun akan kembali naik lagi seperti semula. Saya merekomendasikan kepada anda yang ingin melakukan program diet,  untuk melakukan diet yang seimbang dan kaya akan makanan organik, tanpa pengawet serta berasal dari alam tanpa banyak diolah dan semua itu dilakukan secara teratur.

Konsumsilah 5 kali sehari makanan dalam jumlah porsi kecil dan hindari makan diatas jam 7 malam. Kemudian jangan pernah lewatkan sarapan pagi, karena dipagi hari anda membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas fisik.


2.Suplemen


Suplemen yang dimaksud disini adalah suplemen alami dan suplemen yang dapat anda konsumsi disini adalah:

-Chromium yang berfungsi untu mengontrol dan menstabilkan gula darah. Chromium ini sangat membantu anda yang sedang mengalami diabetes.

-Vitamin B kompleks, disini vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi kadar air yang berlebihan dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda.

-Suplemen yang terdiri dari bahan makanan mentah.


3.Konsumsi Infused Water Secara Rutin


Minumlah air hangat yang ditambahkan irisan buah di dalamnya atau disebut dengan infused water. Minuman ini bisa kita konsumsi setiap hari tanpa dengan campuran gula atau zat pemanis


4.Ganti sarapan dengan Apel


Makanlah apel ketika anda mersa sagat lapar, jangan malah makan gorengan atau makanan yang mengandung kalori tinggi karena hal itu akan membatalkan program diet anda.


5.Olahraga


Dengan olah raga tubuh akan melakukan pembakaran terhadap kalori yang ada didalam tubuh, sehingga olahraga dapat mengurangi tingkat obesitas anda. Selain itu, olahraga juga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan sangat baik untuk menghilangkan stress, sehingga metabolisme dalam tubuh menjadi semakin baik.


Oke sobat sehat, sekian informasi dari saya. Semoga dapat anda mengerti dan dapat anda jalankan. Dan semoga anda sehat selalu.


0 komentar