Beginilah Cara Kerja Vitamin Pada Tubuh Manusia | Lengkap


Bagaimana sih sebenarnya cara kerja vitamin dalam tubuh kita?


Apa sih vitamin itu?

Vitamin merupakan material pembangunan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin-vitamin ini  dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah kecil agar tubuh kita dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya. Kenapa saya bilang dalam jumlah kecil? Karena vitamin-vitamin ini kalau kita lihat satuanya adalah micro gram, mili gram, dan itu sangatlah kecil sekali. Tapi, vitamin dalam jumlah kecil ini sangat-sangat penting bagi tubuh kita untuk dapat berfungsi dengan baik.

Di dalam tubuh kita terdapat 3 pekerja, apa saja itu?

  • Pekerja yang pertama berfungsi sebagai pembangun
  • Pekerja yang kedua berfungsi sebagai defender yaitu sebagai pertahan tubuh
  • Pekerja yang ketiga sebagai maintenance worker atau sebgai pekerja harian

Dan semua pekerja ini membutuhkan vitamin untuk dapat bekerja dengan baik.

Jenis-jenis vitamin
Vitamin terdapat dua jenis, yaitu:

1.Water soluble

Vitamin water soluble ini adalah vitamin yang larut dalam air.  Vitamin yang larut dalam air ini ada dua yaitu vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin B kompleks ini terbagi menjadi 8 jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B ini di sebut sebagai vitamin B kompleks karena bukan hanya terdiri dari satu vitamin, melainkan terdiri dari 8 vitamin B.

Vitamin B dan Vitamin C ini dapat mudah sekali masuk kedalam tubuh kita dan saluran pembuluh darah kita, karena didalam pembuluh darah kita 83% isinya cairan berupa plasma darah sehingga mudah sekali diedarkan keseluruh tubuh dan dapat digunakan oleh tubuh.

2.Vitamin fat soluble

Vitamin fat soluble ini adalah vitamin-vitamin yang larut didalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak ini diantaranya adalah vitamin A , D , E , dan K masuk kedalam tubuh melalui lambung dan usus dengan proses saat liver menghasilkan empedu maka empedu memecah lemak, setelah lemak pecah maka vitamin yang ada dalam lemak tadi dapat masuk dan diserap oleh dinding sehingga masuk kedalam pebuluh darah. Vitamin yang larut dalam lemak ini kemudian akan diedarkan ke seluruh tubuh dengan bantuan protein.

Bagaimana vitamin-vitamin tersebut dapat disimpan didalam tubuh?

1.vitamin yang larut dalam air

Vitamin B dan C itu tidak dapat disimpan didalam tubuh dalam jangka waktu lama. Misalkan kita mengkonsumsi vitamin B dan C dan kemudian selang 2 jam buang air kecil maka vitamin tersebut akan ikut terbuang bersama dengan urine kita, karena vitamin tersebut larut dalam air dan mudah sekali dikeluarkan melalui ginjal kita.

2.Vitamin yang larut dalam lemak

Vitaminn A, D, E, K yang larut di dalam lemak tadi itu akan disimpan didalam hati dan disimpan dari dalam sel-sel lemak di dalam tubuh. Jadi, vitamin-vitamin ini tidak mudah dibuang oleh tubuh sehingga kita harus membatasi vitamin-vitamin ini karena vitamin-vitamin ini dapat disimpan.
Vitamin-vitamin ini akan membebani liver and jika anda  mengkonsumsinya secara belebihan. 

Vitamin yang disimpan ini berguna sebagai cadangan vitamin yang  apabila tubuh membutuhkannya maka vitamin tersebut akan diambil dari tempat penyimpananya, dengan catatan tempat penyimpananya harus dalam keadaan baik.

Fungsi dari kedua jenis vitamin:

1.Vitamin yang larut dalam air

  • Vitamin B kompleks berfungsi sebagai koenzim yang membantu enzim dalam proses tubuh menghasilkan energi.
  • Vitamin C mempunyai kemampuan untuk melawan infeksi dan membentuk kolagen dalam tubuh. Kolagen ini sendiri dibutuhkan oleh tulang, gigi, kulit , dan sebagainya.


2.Vitamin yang larut dalam lemak

  • Vitamin A mempunyai kemampuan untuk membuat sel darah putih yang berrfungsi  sebagai pertahanan tubuh, membantu pembentukan tulang, membantu pembentukan tulang dan penglihatan.
  • Vitamin D berfungsi untuk mengumpulkan kalsium dan fosfor yagn akan digunakan dalam pembentukan nantinya.
  • Vitamin E ini bekerja sebagai Antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel ditubuh kita.
  • Vitamin K bmempunyai kemampuan untuk menghentikan pendarahan , terutama pada saat mengalami luka.


Apa yang terjadi pada tubuh kita jika tanpa adanya vitamin-vitamin tersebut?


Tanpa adanya vitamin-vitamin tersebut maka tubuh kita tidak akan seimbang dan tubuh kita akan mudah sekali megalami masalah masalah seperti kelelahan, kerusakan syaraf dan bahkan gangguan hati serta beberapa penyakit seperti rickettsia atau  gangguan pembentukan tulang dan penyakit scurvy atau gangguan pembentukan gigi.

Kesimpulan
Mengkonsumsi vitamin secara berlebihan akan menjadi racun bagi tubuh kita dan yang paling baik adalah mengkonsumsi vitamin dengan seimbang.

Oke sobat sehat, sekian informasi tentang cara vitamin bekerja dalam tubuh kita, semoga bermanfaat bagi anda. Apabila ada yang ingin diungkapkan mengenai bahasan saya kali ini silahkan ketik pada kolom komentar dibawah ini.










0 comments