7 Penyakit Yang Paling Sering Terjadi Setelah Hari Raya Lebaran



Sobat sehat, seperti yang kita ketahui bersama, di Indonesia khususnya dihari raya yang identik dengan yang namanya makan berasama, ngobrol dengan keluarga, berkumpul bersama sambil makan, dengan sajian makanan yang bermacam macam tentunya, ada opor, rendang, sate, ketupat dan sebagainya. 

Terkadang karena terlalu asik ngobrol dengan saudara yang sudah lama tidak bertemu, akhirnya lupa bahwa kita sudah kenyang, karena otak kita terlalu fokus pada topik pembicaraan. Bahkan di hari raya juga ada tradisi bagi-bagi angpao, nah setelah bagi-bagi angpao kalian sebagai orang tua jangan lupa mengingatkan anak-anak anda agar mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mereka makan, karena mungkin sangking asiknya anak-anak karena mendapat banyak angpao sehingga mereka lupa tidak mencuci tangan, sehingga rentan sekali untuk anak-anak mengalami penyakit-penyakit tertentu seperti diare, maag dan sebagainya.

Untuk kali ini saya akan membahas tentang 7 penyakit yang paling sering diderita setelah hari raya

1.Diare

Penyakit ini adalah yang paling sering terjadi. Kenapa bisa terjadi penyakit diare? Biasanya penyakit ini terjadi karena terlalu asik mengobrol, setelah selesai mengobrol biasanya anda lupa menutup makanan sisanya. Sehingga dihinggapi lalat dan terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan anda diare.

Atau biasa juga terjadi pada anak-anak seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, mereka terlalu asik bermain dengan temanya sehingga lupa untuk mencuci tangan mereka, kejadian ini juga harus mendapat perhatian dari orang tua, karena mungkin sepele tapi sangat bahaya bagi kesehatan anak.

2. Sembelit

Kenapa bisa terjadi sembelit? Karena jarang sekali di hari raya ditemukan sayuran, yang ada hanya makanan jenis daging seperti opor, rendang dan sebagainya. Akhirnya anda hanya mengkonsumsi makanan selain sayuran sehingga tubuh anda tidak mendapatkan cukup suplai serat dari sayuran dan buah-buahan sehingga akhirnya anda akan mengalami sembelit atau bahkan wasir jika anda memiliki riwayat penyakit wasir.

Untuk mengatasi hal ini saat hari raya konsumsilah banyak cairan dan serat dari sayuran maupun buah-buahan agar kebutuhan serat dan cairan tubuh terpenuhi.

3.Dispepsia ”Maag”

Penyakit yang selanjutnya adalah dispepsia atau tidak enak pada ulu hati atau orang menyebutnya sakit maag, kembung atau begah dan sebagainya. Ini juga berkaitan dengan hal yang sudah saya utarakan di awal tadi bahwa ketika anda sudah asik mengobrol maka anda lupa kalau anda sudah kenyang dan secara tidak sadar anda terus makan sampai anda merasa kekenyangan sehingga berdampak buruk pada kesehatan lambung anda dan sistem pencernaan anda.

Atau mungkin penyakit ini bisa juga disebabkan karena anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, makanan bersantan yang mana makanan ini dapat juga mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan anda terutama pada lambung.

4.Kolesterol Tinggi

Penyakit selanjutnya adalah naiknya kolesterol, kenapa bisa naik? Tentu saja bisa karena mungkin selama seminggu pada hari raya anda mengkonsumsi daging merah, makanan bersantan, makanan berlemak dan makanan lainya tanpa diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan, sehingga tentu saja kolesterol anda naik dengan tinggi.

5.Hipertensi

Kemudian disamping itu bagi penderita hipertensi biasanya tensi mereka juga akan ikut naik karena mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak, santan dan sebagainya.

Saya sarankan anda membeli alat pengecek tensi darah digital yang berguna untuk control tensi darah anda agar anda tidak kebablasan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang telah saya sebut tadi. Dan bagi anda yang mengkonsumsi obat hipertensi supaya mengkonsumsinya secara teratur, karena itu dapat membantu anda menurunkan tensi anda yang naik.

6. Gula Darah Naik

Gula darah anda akan naik ketika hari raya terutama bagi penderita diabetes. Jadi jangan mentang mentang hari raya lalu anda makan dengan ngawur dan tidak memperhatikan apa itu jenis makanannya. Apalagi biasanya pada hari raya identik dengan minuman-minuman yang manis, makanan-makanan yang banyak mengandung kalori, kue dan sebagainya.

Jadi seperti yang saya katakan tadi, bagi penderita diabetes, darah tinggi, kolesterol, mencobalah memperhatikan makanan anda, dan imbangilah dengan mengkonsumsi makanan berserat dan juga air mineral.

7. Obesitas

Mungkin anda bertanya, "loh obesitas itu kan bukan penyakit, obesitas kan cuma kegemukan". Nah, sekarang Obesitas telah digolongkan menjadi penyakit dan dapat menyebabkan komplikasi ke penyakit lainya. Jadi anda harus tahu bahwa orang yang mengalami obesitas memiliki faktor resiko lebih besar terserang serangan jantung, diabetes, dan penyakit lainya.

Nah, disini saya ingin mengingatkan pada anda semua, jangan sampai pada hari raya anda terlalu memanjakan diri anda dengan makanan-makanan yang kurang sehat karena itu hanya akan membuat tubuh anda lebar dan berpotensi penyakit.

Mungkin cukup sekian informasi mengenai  7 penyakit yang sering terjadi setelah hari raya, semoga bermanfaat bagi anda semua dirumah. Sampai jumpa dan terimakasih.




1 komentar: