Gejala dan Tanda-tanda Wanita Mengalami Menopause

July 15, 2018
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter

Apa itu Menopause?

Menopause adalah istilah yang digunakan untuk seorang perempuan yang sudah berhenti haid “Menstruasi” atau tidak mengalami proses haid lagi selama 1 tahun. Proses Menopause ini terjadi karena Penuaan Indung Telur atau yang sering kita sebut Ovarium, yang biasanya bertugas untuk memproduksi sel telur. Karena Ovarium mengalami proses penuaan, maka Indung telur “Ovarium” sudah tidak lagi mrnjalankan fungsinya dengan baik, artinya ovarium tadi sudah tidak  memproduksi sel telur lagi.

Proses Menopause sendiri pada setiap orang bervariasi. Rata-rata Menopause terjadi pada wanita usia 48 hingga 53 tahun.

Apa Gejala Menopause?

1.Perubahan Pola Menstruasi

Umumnya gejala Menopause adalah perubahan pola menstruasi. Jadi, yang biasanya mengalami menstruasi sekitar 5 sampai 7 hari, akan menjadi lebih  pendek yaitu sekitar 1-2 hari, dan jumlah darah menstruasinya berkurang lalu lama kelamaan hilang atau “Berhenti”. Ada juga seseorang terkadang pada saat Menopause justru jumlah haid nya akan bertambah banyak, yang mana ini akan mengganggu kesehatan pada wanita tersebut. Dan jika Anda mengalami masalah seperti ini maka segeralah berkonsultasi ke dokter.

2. Hot Flashes

Hot Flashes adalah kondisi saat perempuan yang masuk dalam masa Menopause, mengalami panas dibagian wajah hingga tubuh bagian atas, dan ini tentu sangat tidak nyaman. Dan biasanya kejadian ini terjadi pada perempuan-perempuan didaerah Eropa. Dan kasus di Idonesia hal ini sangat jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan di Indonesia pun ada yang mengalami hal ini.

3. Insomnia

Insomnia adalah gejala yang paling sering dirasakan oleh wanita yang sedang mengalami proses Menopause. Selain itu wanita yang sedang mengalami proses Menopause akan mengalami gangguan mood, mudah depresi, cemas, kenaikan berat badan, rambut rontok, dan bahkan jerawat. Jerawat bukan hanya muncul pada seseorang yang sedang mengalami pubertas, tapi jerawat juga bisa muncul pada seseorang wanita yang sedang mengalami proses Menopause.

4. Perimenopause

Menurut World Health Organization, Perimenopause ini merupakan kondisi atau mulai terjadinya 2 hingga 8 tahun sebelum benar-benar terjadi Menopause. Bahkan mencakup hingga 1 tahun setelah haid berhenti. Bisa saya bilang pada masa ini cukup mengganggu pada wanita, karena terjadi pada rentang waktu yang cukup lama.

Gejala Perimenopause

Munculnya jerawat karena kulit kering akan menutup kelenjar-kelenjar minyak pada wajah sehingga muncul yang namanya jerawat. Dan penanganan nya terntu saja akan berbeda dengan mereka yang mempunyai jerawat pada masa Pubertas. Karena kulit wanita yang memasuki masa Perimenopause ini akan lebih sensitive, bahkan terkena sinar matahari yang tidak terlalu lama pun bisa terjadi iritasi. Atau pada saat mencuci pun kulit akan mengalami iritasi karena sabun yang digunakan.

5. Gangguan Saluran Pencernaan

Semua organ pada wanita saat Menopause akan mengalami penipisan termasuk pada saluran pencernaan. Akhirnya yang dulunya suka makan pedas ketika masuk masa Menopause, perutnya akan lebih mudah sensitive, mudah kembung, diare dan sakit pada saluran pencernaan lainya.

6. Ganggun Kandung Kemih

Wanita yang sedang masuk masa Menopause akan sering mengalami sering buang air kecil atau anyang-anyangan.

7. Daerah Sekitar Vagina Kering

Biasanya Menopause ini terjadi pada usia 40 hingga 53 tahun dimana wanita masih aktif dalam melakukan hubungan seksual. Jadi ketika mereka melakukan hubungan seksual, banyak wanita yang jika melakukan hubungan seksual akan merasa nyeri. Hal ini dikarenakan kondisi disekitar Vagina yang mulai menipis dan kering. Namun hal ini bisa ditangani dengan pemberian Gel. Atau kalau bisa anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda.

Itu tadi adalah gejala-gejala dan tanda ketika anda memasuki masa Menopause dan Perimenopause. Jangan mudah meminum obat-obatan yang tidak disarankan oleh dokter anda ketika anda mengalami gejala-gejala Menopasuse tersebut. Karena jika anda sembarangan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak disarankan oleh dokter ketika anda mengalami gejala-gejala menopause, dapat menyebabkan kanker yang berasal dari kacaunya hormon ketika anda mengkonsumsi obat yang mengandung hormon. Dan sebaiknya anda benar-benar menanyakan semua keluhan yang anda alami ketika anda memasuki proses Menopause ini.

Oke, itu tadi penjelasan tentang gejala dan tanda-tanda Menopause. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.



Newer Post Older Post

0 comments