Kenapa Sebagian Perokok Tetap Sehat? Ini Penjelasan Lengkapnya



Sobat sehat, Selama ini digadang-gadang bahwa merokok menyebabkan penyakit impotensi, gangguan janin, kehamilan, penyakit jantung, hipertensi dan sebagainya. Tapi kenapa ada perokok yang tetap sehat? Ada juga yang bertanya “paman, ayah, dan kakek saya adalah perokok berat, satu hari bisa habis  satu sampai dua bungkus rokok, tapi usianya kok bisa sampai lebih dari 70 tahun?”. 

Nah, mungkin disini salah satu dari anda dirumah adalah berusia lebih dari 70 tahun dan perokok berat, silahkan anda tulis tips anda, kenapa anda bisa tetap sehat walaupun merokok dikolom komentar dibawah.

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang masalah ini, memang masalah rokok ini memang masih banyak kontroversial. Jika anda bertanya pada dokter yang merokok “ Dok, boleh tidak saya merokok?” pasti jawabanya diperbolehkan. Tapi jika anda bertanya pada dokter yang tidak merokok maka jawabanya adalah tentu saja tidak diperbolehkan.

Pernah ada juga yang bertanya “ Kalau saya tidak merokok, saya akan stress. Lalu apa yang harus saya lakukan, Supaya saya tetap sehat walaupun merokok?” Oke, disini saya akan jelaskan terlebih dahulu “Seorang bisa jatuh sakit pasti karena faktor-faktor resiko yang membuat mereka sakit”. Jadi, faktor resiko yang bisa membuat anda sakit bukan hanya rokok, tapi masih banyak faktor yang lain.
Mungkin anda tidak merokok, tapi anda jatuh sakit. Itu disebabkan karena beberapa faktor resiko berikut ini:

  1. Tidak menjaga berat badan
  2. Pola makan kurang sehat
  3. Pola tidur tidak teratur
  4. Stress
  5. Polusi udara
  6. Kurang berolah raga

Jadi faktor untuk membuat anda sakit itu banyak, bukan hanya rokok tapi yang selalu disalahkan adalah rokok. Bukanya saya membela rokok, tapi saya hanya memberikan fakta bahwa Banyak Faktor yang menyebabkan anda sakit.

“Mengapa Perokok Terkadang Bisa Berumur Panjang?”

Mungkin mereka hanya melanggar salah satu atau beberapa faktor tersebut. Saya punya kenalan, usianya lebih dari 50 tahun dan dia adalah perokok. Tapi dia setiap harinya minimal melakukan joging sejauh 3 km, bahkan dia mngikuti olahraga marathon. Bayangkan, meski perokok tapi masih rutin melakukan olahraga, makan makanan yang bergizi, dan bahkan beliau masih bisa mengikuti Triathlon, yaitu olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga berenang, lari sprint dan bersepeda. Dan itu adalah olahraga yang berat menurut saya, dan bahkan anda yang berusia 20 tahun pun belum tentu bisa melakukanya. Jadi rahasia sehatnya adalah mengimbangi dengan olahraga.

Jumlah Rokok yang dikonsumsi per Hari juga mempengaruhi Kesehatan

Mungkin dengan rokok anda dapat mengurangi stress anda. Namun walaupun menurut anda seperti itu, tentunya hal tersebut tidak akan baik untuk kesehatan anda, terutama paru-paru dan organ tubuh yang lainya.

Bagaimana cara berhenti merokok bagai perokok berat?

Jika anda adalah seorang perokok berat dan bisa menghabiskan rokok hingga 4 bungkus sehari, maka cara untuk menghentikanya adalah anda jangan langsung berhenti merokok. Karena ketika anda langsung berhenti merokok, Otak yang terbiasa dengan zat-zat dalam rokok akan menderita karena tidak mendapat asupan zat-zat rokok itu lagi. Jadi yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengurangi rokok secara perlahan dan bertahap. Mungkin hari pertama yan awalnya 4 bungkus menjadi hanya 3 bungkus rokok, hari kedua menjadi hanya 2 bungkus rokok dan seterusnya hingga berahasil berhenti. Dan itu semua perlu adanya kemauan besar dari dalam diri anda.

Tips selanjutnya dari saya adalah Alihkan Perhatian Anda ketika sedag Stress ke hal yagn lebih positif.

Oke sobat sehat, itu adalah tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.



0 comments