Apakah Minuman Elektrolit itu Penting?



Sobat sehat, kita sering menjumpai orang-orang setelah melakukan aktivitas olahraga mereka membeli dan mengkonsumsi minuman elektrolit. Sebenarnya Apa sih fungsi sebenarnya dari minuman elektrolit? Nah, untuk itu saya akan jelaskan semua itu kepada anda semua dirumah. 

Apa itu Elektrolit?

Elektrolit adalah Ion yang membawa muatan Listrik yang bergerak Keluar Masuk Sel.

Ada beberapa jenis ataupun jumlah elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tubuh kita bekerja dengan sebagaimana mestinya. Diantaranya adalah:
  • Kalium
  • Kalium
  • Klorida
  • Magnesium

Elektrolit-elektrolit ini sangat berperan penting didalam tubuh kita. Seperti:

  • Baik untuk otak
  • Menghantarkan Impulse Saraf
  • Baik untuk Otot
  • Pembuatan jaringan baru

Elektrolit-elektrolit sangat penting untuk fungsi-fungsi diatas. Saat Otak kita mengirim sinyal melalui Neuron ke bagian-bagian tubuh, misalkan dikirim ke bagian otot bisep atau otot paha sehingga dapat bergerak dengan baik. Itu memerlukan yang namanya elektrolit. Salah satu contoh elektrolit itu adalah Ion Kalsium, Ion Kalsium mengalir ke dalam serat otot sehingga otot dapat berkontraksi dengan baik. Ini adalah satu contoh sederhana kerja elektrolit, yang sebenarnya kerja elektrolit tidaklah sesederhana itu.


Apa Yang Terjadi Jika Kadar “Elektrolit” dalam tubuh tidak cukup?


Jika kadar “Elektrolit” dalam tubuh tidak cukup maka Akibatnya Organ-organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Misalkan otak anda memerintahkan tubuh anda untuk bergerak, tetapi kadar elektrolit kalsium anda tidak cukup maka secara otomatis otot anda akan lemah dan tidak bisa bergerak dengan baik.

Alasan Orang-Orang Setelah Olahraga Membutuhkan Elektrolit

Saat Olahraga tubuh akan berkeringat, dan elektrolit akan keluar bersamaan dengan keringat sehingga tubuh akan kehilangan sebagian elektrolit dan menyebabkan tubuh menjadi lemah, maka dari itu mereka membutuhkan asupan elektrolit untuk memulihkan kekuatan tubuh mereka kembali.

Beberapa Fungsi dari Jenis-Jenis Elektrolit

1.      1.Kalium

Apa yang terjadi jika kalium didalam tubuh rendah? Kadar kalium rendah biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol dan muntah. Jika Kalium didalam tubuh rendah maka hal terparah yang akan terjadi adalah “Cardiac Arrest” Yaitu Hilangnya fungsi jantung, napas dan kesadaran secara tiba-tiba dan tak terduga. Hal yang tidak parah yang akan terjadi jika kalium tubuh rendah Adalah Denyut jantung menjadi lebih cepat dan tidak beraturan.

2.Natrium

Apa yang terjadi jika kadar Natrium tubuh rendah?

Kadar Natrium redah biasanya disebabkan karena dehidrasi. Hal yang akan terjadi jika natrium rendah adalah Hilangnya energy, Kram Otot, dan bahkan hingga Koma.

3.Kalsium

Kalsium berperan sebagai unsur pembekuan darah (Blood Clothing) dan Unsur kepadatan tulang

4.Klorida

Klorida biasanya bergantung dengan natrium untuk membantu mengangkut air masuk dan keluar dari sel tubuh

5.Magnesium

Magnesim berfungsi sebagai unsur pembuat Enzim


Kesimpulan

Minuman elektrolit sangat membantu anda dalam mencukupi kebutuhan elektrolit yang hilang. Serta untuk mencegah penyakit-penyakit yang tidak terduga. Untuk itu jangan ragu untuk mengkonsumsi minuman elektrolit terutama elektrolit yang Alami. Apakah itu? Minuman elektrolit yang Alami yang banyak ditemukan diindonesia adalah Air Kelapa. Air kelapa dapat memenuhi seluruh kebutuhan elektrolit dalam tubuh.



0 comments