9 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur


Sobat sehat. Jika anda adalah seorang pekerja ataupun seorang pelajar yang bekerja seharian ataupun belajar seharian hingga kecapekan, istirahat malam adalah obat paling mujarap untuk mengembalikan stamina tubuh kita dalam kondisi prima kembali. Tapi terkadang ketika kita sudah tertidur cukup pada malam hari dalam waktu yang cukup lama, terkadang badan masih terasa lemas atau seperti masih kurang istirahat, atupun kepala terasa pusing saat bangun tidur.

Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan penjeasan sedikit kepada anda semua kenapa hal tersebut bisa terjadi.

9 Penyebab Kenapa Saat Bangun Tidur Badan  Masih Terasa Lemas

1.Membawa Kerjaan ke Tempat Tidur

Penyebab yang pertama adalah membawa kerjaan anda ke tempat tidur. Siapa disini yang ketika ditempat tidur masih mengerjakan tugas? Entah itu pakai leptop, ataupun pake hp mungkin, atau tidak membawa apa-apa tetapi pikiran anda masih membawa kerjaan anda yang ada dikantor. Jadi, orang-orang seperti ini biasanya meskipun matanya sudah tertutup tetapi pikiranya masih ada dikantor ataupun dimana-mana. Hal ini dapat meyebabkan kualitas tidur anda tidak baik atau keesokan harinya ketika anda bangun anda masih merasa lemas dan bahkan ada juga yang merasa pusing.

2.Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Penyebab yang kedua adalahh Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, sehingga saat anda mau tidur jantung anda berdegup kencang sekali sehingga mengganggu anda tidak bisa tidur dan akhirnya membuat anda tidur larut malam, dan sehingga keesokan harinya ketika bangun tidur tubuh anda masih terasa lemas dan tidak bertenaga.

3.Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Penyebab yang ketiga adalah makan berlebihan sebelum tidur. Apakah disini ada yang suka makan jam 11 malam atau jam 12 malam masih makan ataupun ngemil ? dan makanan apa yang anda makan? Saya tahu kebanyakan orang makan junk food pada malam hari. Jika anda terlalu banyak makan dimalam hari maka usus anda akan tetap bekerja disaat anda tidur, dimana yang seharusnya  organ tubuh anda ikut istirahat pada malam hari, tapi karena organ tubuh bekerja terus dimalam hari akhirnya keesokan harinya ketika bangun tidak bisa terlihat segar atau terlihat lemas.

4.Jarang Berolahraga

Penyebab yang ke-4 adalah karena anda jarang berolahraga. Jadi, ketahuiah dengan berolahraga itu memperbaiki sirkulasi darah anda, memperbaki metabolisme anda, dan itu akan membuat tidur anda lebih lelap. Percuma jika anda tidur tetapi tidak lelap, yang ada hanyalah anda akan terlihat tidak segar ketika bangun tidur.

5.Dehidrasi

Penyebab kelima adalah karena anda mengalami dehidrasi. Jika anda mengalami dehidrasi dan asupan cairan kurang, maka akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak baik. Dan yang perlu anda ingat adalah 70% dari tubuh kita adalah cairan. Jadi, kalau anda dehidrasi dan kekurangan cairan maka metabolisme dalam tubuh anda tidak akan berjalan dengan baik dan sirkulasi darah anda juga tidak akan berjalan dengan baik. Akhirnya ketika anda bangun tidur, anda tidak akan terlihat segar dan hanya akan terlihat sangat lemas dan pucat.

6.Anemia

Penyebab yang ke-6 adalah Anemia. Jika anda belum tahu anda menderita anemia atau tidak, anda bisa mengeceknya terlebih dahulu berapa Hb anda, jika dibawah normal itu artinya anda mengalami anemia. Atau pemerikasaan paling mudah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah adalah mengecek dibawah mata anda atau konjungtiva lalu coba lihat didepan cermin apakah warnanya lebih pucat dari pada orang lain yang lebih sehat. Anda juga bisa mengeceknya di kuku anda, jika warna kuku anda putih pucat maka itu artinya anda anemia. Tetapi untuk hasil akuratnya silahkan anda cek dilaboratorium.

Kenapa Anemia bisa membuat anda lemas ketika bangun tidur, karena sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam tubuh itu kurang. Jadi, ketika anda tidur ataupun ketika anda melakukan aktifitas tubuh anda tetap membutuhkan yang namanya oksigen.

7.Hipotensi

Penyebab yag ke-7 adalah hipotensi atau tekanan darah rendah. Anda bisa cek darah anda ke dokter apakah anda mengalami darah rendah ataukah tidak. Lalu apa yang harus anda lakukan jika anda mengalami darah rendah? Yang harus anda lakukan anda adalah pebaiki pola makan anda. Kita cek sudahkah tubuh kita cukup akan karbohidrat, protein, dan zat gizi lainya. Jika belum tercukupi maka segera perbaiki dan ditambah dengan olahraga.

8.Hipoglikemia

Hipoglikemia ini merupakan kondisi dimana kadar gula anda drop atau terlalu rendah. Dan ini biasanya terjadi pada penderita kencing manis atau penderita diabetes yang mengkonsumsi obat. Mungkin biasanya dikarenakan makan tidak teratur, kemudian minum obat, sehingga keesokan harinya gula darahnya drop, dan ini juga dapat membuat badan lemas dan kepala pusing. Jika itu terjadi pada anda segera konsultasi ke dokter.

9.Efek Samping Obat atau Alkohol

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan anda lemas pada saat anda bangun tidur. Misalkan obat penenang ataupun alkohol dan obat-obat lainya.

Oke sobat sehat, itulah sedikit penjelasan mengenai 9 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi anda yang mengalami hal demikian dan Terimakasih sudah mengunjungi website kami.



0 comments