Bahaya Menggunakan Kipas Angin Terlalu Lama



Oke sobat sehat. Adakah diantara Anda yang sering menggunakan kipas angin ketika bekerja ataupun ketika bersantai nonton tv dirumah atau bahkan ketika tidur?

Tahukah Anda Apa Bahaya Kipas Angin? 

Apakah bahayanya menggunakan kipas angin secara langsung dengan waktu yang lama?

Mungkin di antara Anda dirumah ketika merasa gerah atau kepanasan, anda sering menggunakan kipas aangin sebagai penyejuk badan dengan diarahkan langsung ke tubuh anda, dan bukan hanya satu kipas saja, malah terkadang ada yang lebih dari satu kipas.

Menurut penelitian, mengatakan bahwa jika anda menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh anda menjadi hipotermi.

Mungkin diantara anda dirumah ada yang mengatakan “Saya menggunakan kipas angin kok tidak terjadi apa-apa ya?”

Mungkin saja kipas yang ada gunakan hanya satu dan ruangan anda juga cukup luas sehingga suhu ruangan anda berbeda dengan ruangan yang sempit seperti di kos. Yang dimaksud disini adalah menggunakan kipas angin lebih dari satu dan dalam ruangan yang sempit, karena ruangan yang lebih sempit pastinya akan mudah terasa panas sehingga membutuhkan kipas angin untuk menurunkan suhu badan yang panas.

Ketika malam hari, suhu ruangan akan berubah menjadi lebih dingin, dan ketika masuk waktu subuh akan menjadi lebih dingin ditambah lagi dengan penggunaan kipas angin akan semakin menambah suhu dingin suhu ruangan, sehingga suhu badan akan menurun drastis dan menyebabkan penurunan suhu badan secara cepat.

Bahaya Menggunakan Kipas Angin Terlalu Lama

1.Penurunan Suhu Badan Secara Drastis

Mungkin Anda pernah mendengar berita di tv bahwa ada orang yang meninggal karena terlalu lama menggunakan kipas angin, itu disebabkan juga karena penurunan suhu tubuh sehingga organ tubuh tidak bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya.  Jadi menggunakan kipas angin terlalu lama akan menyebabkan penurunan suhu tubuh sehingga organ tubuh tidak dapat bekerja dengan benar sehingga dapat menimbulkan resiko terbesar yaitu kematian.

2.Membuat Kulit Kering

Kipas angin yang diarahkan ke tubuh kita secara langsung juga tidak baik untuk kulit kering, apalagi kulit yang sensitive. Jadi, kulit yang kering semakin diperparah dengan penggunan kipas angin.

3.Tidak Baik Untuk Penderita Asma

Kipas Angin ini tidak baik untuk para penderita asma, karena kipas angin akan membawa debu dan bakteri yang ada dilantai sehingga terhirup oleh penderita asma dan akan semakin memperparah kondisinya. Terkadang dada akan terasa sesak berlebih.

Itulah semua bahaya menggunakan kipas angin terlalu lama. Lalu jika ada yang bertanya “Terus, Apakah saya tidak boleh menggunakan kipas angin?” Jawabanya adalah boleh, Setiap orang boleh menggunakan kipas angin, tetapi dengan catatan seperti :

1.kondisi kesehatan  baik

2.Kulit tidak kering

Dan Anda harus tahu bahwa setiap orang berbeda-beda kondisi tubuh nya. Ada orang yang tahan terhadap angin, dan ada juga yang tidak tahan terhadap angin, sehingga terkena angin sedikit saja sudah masuk angin, punggung terasa sakit, otot-otot terasa sakit, dan lain sebagainya. Maka dari itu kenali sendiri diri anda, apakah anda adalah orang yang tahan terhadap angin ataukah tidak. Dan gunakanlah kipas angin dengan bijak. Gunakan kipas secukupnya dan cukup diwaktu tertentu saja.

Oke semoga dengan sedikit informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar