Penyebab Lumpuh Separuh Wajah (Bell’s palsy)


Sobat sehat, Saya sering menjumpai pertanyaan “ Kenapa ya, om saya wajahnya lumpuh sebelah?”, “Kenapa ya, om saya kalau tersenyum wajahnya Asimetris?”, “Kenapa ya, tante saya kalau tutup mata susah sekali?” Nah, sobat sehat jika saya mendapatkan pertanyaan seperti ini, didalam pikiran saya adalah kalau tidak stroke ya bell’s palsy, tapi disini saya akan berfikir secara emergency dahulu yaitu stroke.

Apa Perbedaan Stroke dengan Bell’s Palsy?

Stroke biasanya bukan hanya wajah yang terserang dan seluruh anggota badan juga mengalami kelumpuhan, pada umumnya seperti itu.

Lalu bagaimana dengan Bell’s Palsy?

Bell’s palsy biasanya terkadang mereka tidak tau bahwa mereka mengalami kelumpuhan, biasanya mereka mengalami kelumpuhan saat bangun tidur dan biasanya baru tersadar saat diketahui oleh orang lain atau pada saat bercermin baru tersadar bahwa wajahnya lumpuh sebagian.

Bell’s palsy atau kelumpuhan pada separuh wajah ini  ini disbabkan karena lumpuhnya saraf fasialis, dan biasanya disebabkan karena infeksi virus atau juga disebabkan kerena terpapar angin dingin seperti terpapar AC, kipas angin, sering keluar pada malam hari tanpa menggunakan pelindung wajah, ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada saraf fasial tadi. Untuk anda semua yang mengalami hal demikian segera periksakan diri anda ke dokter .

Lalu Apa yang harus saya perhatikan?

Lalu Apa yang harus saya lakukan Jika saya tidak bisa menutup mata dengan baik atau terjadi gejala lumpuh?

1.Sediakan obat tetes mata

Langkah Pertama adalah sediakanlah obat tetes mata dan plester kemudian plester mata anda dengan penutup mata, karena akan sangat bahaya jika mata anda tidak bisa menutup dengan rapat karena bisa terkena angin terus menerus sehingga dapat membuat mata menjadi kering


2.Segera Periksa ke dokter

Langkah yang kedua adalah segera periksakan diri anda kee dokter. Karena kemungkinan besar itu adalah bell’s palsy atau gejala stroke, jadi harus dipastikan kerena penanganannya kan berbeda dan lebih baik.

Lalu Apa Tanda-Tandanya Bell’s Palsy ?

1.Wajah kaku atau lumpuh sebelah saat bangun tidur

2.Kelopak mata susah sekali menutup dengan rapat

3.Tidak bisa memmbuka mata dengan maksimal

4.Mulut tidak simetris saat tersenyum

5.Penderita tidak akan mengalami nyeri pada daerah wajah

6.Penderita bell’s palsy juga akan kesulitan untuk makan ataupun untuk minum

Apakah Penyakit Ini Bisa Disembuhkan?

Pada umumnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu hingga 6-10  bulan. Tapi akan lebih cepat sembuh jika segera ditangani dengan baik.

Bagi anda yang mengalami hal demikian segera kunjungi dokter untuk diperiksakan.

Semoga dengan informasi yang sikat ini bisa bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah mengunjungi websit kami.

0 komentar