Penyebab Lutut Sakit (Nyeri Lutut)



Penyebab lutut tidak hanya satu, mungkin banyak kemungkinan yang terjadi sehingga dapat menyebabkan lutut sakit. 

Apa Saja Penyebabnya?

1. Cedera Lutut

Sakit Lutut mungkin bisa disebabkan karena anda mengalami cedera saat anda olahraga, saat jatuh ataupun saat mengalami kecelakaan. Biasanya cedera lutut ini meliputi robeknya ligament, memar, atau terjadi pendarahan di dalam sendi, atau kemungkinan yang lain tulang anda mengalami retak bahkan patah. Jika anda mengalami hal seperti ini maka segera periksakanlah diri anda ke rumah sakit, karena dirumah sakit kaki anda akan diperiksa apakah kondisi tulagnya masih baik atau tidak.

2.Nyeri Otot Disekitar Lutut

Nyeri otot disekitar lutut dapat terjadi jika anda terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas gerak. Selain itu kemungkinan disebabkan karena anda kekurangan zat-zat tertentu seperti kalsium, vitamin B12, mineral, dan hal ini juga dapat menyebabkan nyeri pada daerah lutut anda.

3.Arthritis (Radang Sendi)

Radang sendi ini pun ternyata terdiri dari beberapa penyebab lagi, seperti:

1.Osteo Arthritis

Osteo atritis ini merupakan salah satu penyebab paling umum untuk kasus nyeri lutut untuk mereka yang berada di usia 40 tahun yang biasanya disebabkan karena kegemukan.

2.Penyakit Lupus dan Rheumatoid Arthritis

Kedua penyakit ini adalah penyakit auto imune, yaitu system imun tubuh yang menyerang diri kita sendiri, dan yang terserang adalah daerah pada bagian lutut.

3.Penyakit Asam Urat

Penumpukan Asam Urat bisa terjadi pada sendi, dan biasanya menumpuk pada sendi jari-jari tangan, jari-jari kaki, ataupun pada sendi lutut. Jadi ketika anda terkena radang sendi, penyebabnya pun bervariasi seperti yang saya sebutkan diatas.

4.Infeksi Kulit Daerah Sekitar Lutut

Infeksi Kulit ini bisa disebabkan karena Abses maupun Herpes Zoster. Jadi selain lututnya sendiri yang bisa menyebabkan nyeri lutut, gatal pada sekitar lutut juga dapat menyebabkan nyeri lutut.

5.Neuropathy

Neuropathy disebabkan karena penyakit kencing manis. Penyakit ini dapat menyebabkan lutut nyeri dan jaringan tubuh lainya juga akan terasa nyeri.

Itulah 5 penyebab utama nyeri lutut. Semoga bermanfaat bagi anda semua dirumah dan terimakasih.

0 komentar