Mana Yang Lebih Baik, Toilet Jongkok atau Toilet Duduk?



Sobat sehat, Jika sistem pencernaan anda baik maka pastinya setiap pagi anda akan melakukan buang Air Besar di WC atau di toilet. Lalu apa yang anda lakukan ketika di toilet? Apakah anda duduk, ataukah jongkok?

Akhir-akhir ini banyak sekali yang bertanya “manakah yang lebih baik, toilet jongkok atau toilet duduk?” Oke disini saya akan membahasnya satu per satu.

6 Keunggulan Toilet Jongkok Daripada Toilet Duduk

1.Toilet Jongkok Lebih Higienis Dari Pada Toilet Duduk

Kenapa higienis? Karena tidak ada kontak langsung dengan kulit paha anda ataupun kulit pantat anda. Sedangkan toilet duduk jika dilihat dari segi higienis mungkin agak kurang higienis, apalagi jika toilet tersebut jarang anda bersihkan, karena akan ada banyak sekali kuman dan bakteri disana yang berkumpul, apalagi jika anda menggunakan toilet duduk di toilet umum.

Jika anda berada di pesawat biasanya di toiletnya disediakan kertas bersih sekali pakai sebagai alas ditoiletnya atau disediakan cairan untuk pembersih toilet, sehingga bisa digunakan untuk mengelap WC nya sebelum anda gunakan yang bertujuan untuk mencegah bakteri dan kuman. Jadi dari segi higienitas, Toilet jingkok itu jauh lebih bersih atau higienis di bandingkan toilet duduk.

Tisu bersih untuk menghindari kuman

2.Lebih Mudah, Lebih cepat & Lebih Tuntas Dalam Hal Pembuangan Kotoran

Penggunaan toilet jongkok lebih mudah, lebih cepat, dan lebih tuntas dalam mengeluarkan sisa metabolisme atau kotoran dari pada menggunakan toilet duduk. Jika sisa metabolisme atau sisa tinja masih tersisa didalam usus kita atau tidak bisa keluar dengan sepenuhnya, maka itu akan menyebabkan penyakit seperti kanker usus, usus buntu dan penyakit lainya. Jadi, jika anda menggunakan toilet duduk, bisa anda cek berapa lama waktu anda dalam mengeluarkan sisa kotoran didalam toilet, bisa saja hingga 1 jam waktu yang anda habiskan didalam toilet duduk. Bahkan ada juga yang sengaja malah menikmati buang airnya dengan sambil membaca koran, membaca majalah dan ada juga yang sambil bermain handphone dan biasanya proses ini berlangsung lama di kamar mandi. Jadi, selain tidak baik untuk kesehatan anda, hal tersebut juga tidak baik untuk anggota keluarga anda yang lain, karena harus menunggu anda terlalu lamanga didalam kamar mandi.

3.Merelaksasi Otot Puborectalis


Penggunaan toilet jongkok akan merelaksasi otot Puborectalis, sehingga rectum anda akan lebih mudah untuk membuka. Sehingga proses buang air besar akan lebih mudah.

4. Mengurangi Mengejan Berlebihan

Dengan menggunakan toilet jongkok sebenarnya anda menggunakan paha anda untuk mendukung usus besar untuk mengeluarkan kotoran, sehingga mengurangi mengejan. Perlu anda ketahui bahwasanya mengejan dalam jangka waktu lama dikamar mandi atau di toilet, itu dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut seperti Hernia, dan terbentuk Gifertikulum atau kantung-kantung didalam usus.

5.Pengobatan Non Invasif Untuk Penderita Wasir

Bagi Anda yang menderita wasir, dengan anda melakukan buang air besar dengan posisi jongkok merupakan pengobatan invasif atau pengobatan tanpa operasi untuk anda yang menderita wasir dan cukup efektif.

6.Mengurangi Tekanan Ada Rahim Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang menggunnakan toilet jongkok itu dapat mengurangi tekanan pada rahimnya.
Beberapa kasus pada beberapa orang seperti orang tua dan orang-orang yang kegemukan, biasanya jika mereka sudah jongkok mereka susah untuk bangun, solusi untuk mereka adalah dengan membuat pegangan disamping toilet sehingga setelah mereka buang air besar, mereka bisa bangun dengan menggunakan peganganya tadi.


Ada juga orang yang bermasalah dengan lututnya tidak bisa melakukan jongkok, jika seperti ini sebaiknya mereka menggukanan toilet duduk.

Itu tadi adalah penjelasan lebih baik mana antara toilet jongkok dengan toilet duduk. Jadi memang jika zaman dahulu toiletnya adalah toilet jongkok, sebenarnya itu jauh lebih baik dari pada toilet modern sekarang. Oke, sobat sehat terimakasih telah mau membaca dengan seksama artikel kami kali ini. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di info-info sehat selanjutnya.



0 komentar