Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air




Apakah jika sudah pernah terkena cacar air , tidak akan pernah terkena cacar air lagi? Simak penjelasan berikut ini ya sobat sehat.

Cacar air didalam dunia medis disebut Varicella atau disebut juga dengan Chiken Pox. Orang yang terkena cacar biasanya mengalami hal seperti, kulitnya muncul ruam-ruam kemerah-merahan ataupun benjolan-benjolan kecil yang berisi air. Penderita cacar air biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti demam tinggi diatas suhu 30 derajat celcius, susah bernapas, batuk, pada bagian tubuh yang terkena ruam akan terlihat merah dan terasa panas ataupun sakit, ruam mengeluarkan cairan putih, sakit kepala, mata super sensitive terhadap cahaya terang, kemudian badan mengalami lemah lesu dan susah bangun dari tempat tidur, leher terasa kaku dan bahkan sampai ada yang mual dan muntah berkali-kali.

Ruam pada pengidap cacar biasanya akan mengalami tiga tahapan:

1. Munculnya ruam dan bentol-bentol pada kulit dan terasa gatal
2. Ruam akan sedikit membesar yang berisikan cairan
3. Ruam yang membesar akan pecah dengan sendirinya sehingga menjadi bekas luka berwarna hitam yang akan mengelupas dengan sendirinya, dan proses ini pun akan memakan waktu 7-14 hari.

Perlu anda ingat bahwa tidak semua bentolan-bentolan ruam tadi akan mengalami proses yang sama waktunya, jadi ada yang duluan pecah, ada yang duluan menjadi bekas luka hitam, dan ada juga bentolan yang lainya baru menyusul, maka rentang waktu nya diperkirakan 7-14 hari.

Lalu Bagaimana Cara Penularan Cacar?

Ketika seseorang mengalami cacar air dari 1-3 hari sebelum ruam bentol itu keluar, maka orang tersebut sudah bisa menularkan virusnya, dengan cara melalui  batuk, bersin, berjabat tangan, dan tersentuh bagian cacarnya, itu juga dapat menularkan virus tadi. Maka kita sarankan untuk penderita cacar air agar beristirahat dirumah secara penuh untuk benar-benar menyembuhkan cacar air tersebut.

Lalu Bagaiman Cara Mengobati Cacar Air?

Kalo untuk obat, tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan cacar air karena cacar air merupakan infeksi dari virus. Untuk pengobatanya anda cukup dengan makan dengan makanan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Anda juga bisa menambahkan vitamin seperti vitamin C, istirahat yang cukup, dan anda juga bisa menambahkan obat seperti paracetamol untuk menurunkan panas. Jika tubuh anda mengalami panas maka turunkan dengan meminum paracetamol, tetapi jika terlalu parah maka segeralah untuk berobat ke rumah sakit. 

Orang yang mengalami cacar air yang parah biasanya ditandai dengan tidak nafsu makan, dehidrasi, mual dan muntah, badan terasa sakit semua, dan lain sebagainya. Jika sudah mengalami hal demikian maka harus segera melarikan ke rumah sakit untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Apakah jika sudah pernah terkena cacar air, tubuh saya akan kebal terhadap cacar seumur hidup?

Ketika anda terinfeksi virus Chiken pox atau Varicella maka yang muncul pertama kali adalah anda terkena cacar air, namun jika anda sudah sembuh, virus tersebut tidak akan hilang sepenuhnya dari tubuh anda, melainkan akan bertahan didalam syaraf anda atau kita sebut dengan "dorman" atau virusnya tertidur. Tetapi jika suatu saat jika anda sudah dewasa nanti ketika daya tahan tubuh anda lemah, virus ini bisa bangun lagi,  tapi bukan berupa cacar air, akan tetapi berupa cacar api atau disebut dengan Herpes Zoster.


Bagaimana Cara Mencegah Supaya Terhindar Dari Cacar Air?

Caranya adalah sebagai berikut :

1.Vaksinasi
Di Indonesia, vaksin ini diwajibkan untuk mendapatkan vaksin tersebut.

2.Menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi

Apakah Saat Terkena Cacar Air Boleh Mandi?

Banyak orang bilang jika saat terkena cacar lalu melakukan aktivitas mandi maka akan membuat cacar semakin parah. Tapi sebenarnya anda justru harus membersihkan kulit anda. Jika anda benar-benar takut untuk mandi saat terkena cacar, maka anda boleh mengambil alternatif lain yaitu dengan membersihkan tubuh atau kulit anda dengan menggunakan tisu basah tetapi jangan dengan cara digosok.

Tips Agar Cacar Tidak Bertambah Parah

Jangan garuk cacar anda menggunakan kuku tangan, apalagi kuku tangan yang kotor, karena itu akan menyebabkan infeksi sekunder  yaiitu bakteri masuk ke dalam tubuh dan memperparah penyakit cacar tersebut.



0 comments