Kulit Gatal ! Apa Penyebab Kulit Gatal? Ini Solusinya

Apa Penyebab Kulit Gatal?



Hallo sobat sehat. Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang apa penyebab tubuh gatal.

Apakah Anda pernah merasakan gatal? Saya yakin pasti kalian semua pernah merasakan gatal. Baik dikepala, tangan, kaki, pantat dan dibagian tubuh lainya. Dan terkadang rasa gatal ini membuat kita sangat ingin menggaruknya walaupun didepan umum, dan mungkin terkadang membuat kita malu apabila menggaruknya didepan umum karena sudah tidak tahan dengan rasa gatalnya.

Lalu Apa Penyebab Gatal?

Gatal bisa disebabkan karena kulit ketombe dikepala, Iritasi dan reaksi kimia yang menyebabkan iritasi kulit yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya gatal. Kemudian gatal bisa juga disebabkan karena stress atau juga bisa juga karena digigit serangga. Misalkan digigit nyamuk, digigit semut atau mungkin juga Anda bersentuhan dengan ulat bulu yang menyebabkan gatal pada kulit Anda.

Ada juga dari beberapa orang yang mempunyai alergi terhadap sesuatu yang  menyebabkan terjadiya gatal, misalnya alergi terhadap debu, sehingga gatal akan muncul dan memerah ketika tubuh terkena debu. Ada juga yang alergi terhadap makanan tertentu, misalnya karena memakan seafood atau makanan laut yang dapat membuat tubuh Anda menjadi gatal dan memerah bahkan menjadi bengkak.

Apa Saja Kategori Gatal?

Nah, Jadi dalam kasus gatal ini dapat dikategorikan atau diklasifikasikan menjadi beberapa bagian. Apa saja itu? 

1.Pruritoceptive Itch

Ini terjadi akibat gangguan yang berasal dari kulit. misalnya inflamasi, kemudian kulit yang kering, dan kerusakan kulit. Ini semua biasanya terjadi pada lokal kulit.

2.Neuropathic Itch

Ini terjadi akibat gangguan pada jalur aferen saraf perifer atau sentral, misalnya pada penyakit herpes atau pada tumor.

3.Neurogenic Itch

Pada Neurogenic ini tidak terdapat gangguan pada saraf maupun kulit, namun terdapat transmitter yang merangsang gatal. Misalnya, morphin, kemudian pada penyakit sistemik. Contohnya pada mereka yang gagal ginjal kronik, ataupun mereka yang mengalami penyakit kuning atau jaundice yang disebabkan karena penyumbatan. Contohnya pada mereka yang terkena batu empedu, akhirnya cairan empedu ini tidak bisa disalurkan ke usus sehingga juga bisa menyebabkan gatal. 

4.Psikogenic Itch

Ini diakibatkan karena gangguan psikologi, jadi mereka yang mengalami stress, mengalami cemas itu juga bisa menyebabkan gatal.

Nah siapa disini yang kalau grogi, dan saat ditanya tidak bisa  menjawab lalu menggaruk-garuk kepala?. Nah itu juga adalah termasuk contoh psikologi. Ada juga mediator yang juga bisa merangsang gatal atau berperan penting dalam timbulnya gatal. Seperti histamine, histamine yang kita kenal ada histamine 1, dan histamine 2, dan biasanya yang menyebabkan gatal adalah histamine yang pertama. Kemudian ada serotonin dan juga ada berbagai macam yang lainya yang mungkin tidak akan saya jelaskan disini, karena akan sangat panjang sekali penjelasanya.

Poin pentingnya yang ingin saya sampaikan pada anda semua di artikel kali ini adalah gatal bukan terjadi semata-mata hanya di kulit. Sebenarnya gatal memang paling banyak terjadi karena lokal dikulit misanya digigit nyamuk, iritasi tau juga kulit kering. Tapi ada juga beberapa gatal yang merupakan tanda dari suatu penyakit, contohnya seperti tadi ada yang terkena penyakit kuning jaundice, kemudian Anda measa gatal. Nah, Jika Anda merasakan hal seperti ini sebaiknya jangan hanya mencari obat untuk gatalnya, tapi segera periksakan diri Anda ke dokter. Atau mungkin Anda yang sekarang kena gagal ginjal kronis, cuci darah, itu juga akan menimbulkan gatal, dan berbagai penyakit sistematik lainnya seperti alergi, dan lainya juga dapat menimbulkan gatal.

Mungkin ada yang bertanya “ Dok, obat yang paling ampuh utuk gatal apa ya?” jawaban yang pertama adalah digaruk. iya bukan? Tidak mungkin anda tahan begitu saja lalu cari obat. Pasti digaruk. Nah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi kalau Anda mengaruk terlalu kuat apalagi sampai lecet, bisa-bisa anda mengalami infeksi bakteri atau infeksi sekunder. Nah jika anda tidak tahan, saat menggaruk sebaiknya anda garuk hanya untuk sekedar mengurangi rasa gatalnya saja. 

Dan biasanya kalau hanya digigit satu atau dua nyamuk biasanya akan sembuh dengan sendirinya, seddikit berbeda dengan digigit serangga mungkin bisa sampai berhari-hari sembuhnya, misalnya terkena gigitan semut atau terkena sengat lebah.

Tapi kalau rasa gatal anda disertai dengan gejala yang lain, misalnya badan anda menjadi kuning atau pun gatalnya sudah berlangsung berhari hari, mungkin berminggu-minggu tidak kunjung sembuh, maka segeralah kunjungi dokter Anda. Jadi jangan digaruk terus sampai kelihatan dagingnya, karena itu justru akan merusak kulit kita dan akan memperparah gatal.

Oke, itu saja yang bisa kami berikan pada kesempatan hari ini dan saran saya adalah jaga kebersihan kulit tubuh Anda. Dan apabila terjadi gatal dalam jangka waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter Anda.


0 komentar