Fungsi Ginjal : Fungsi Ginjal Normal dan Fungsi Ginjal Menurun


Fungsi Ginjal : Fungsi Ginjal Normal dan Fungsi Ginjal Menurun


Pada kesempata kali ini, saya akan membahas tentang Fungsi Ginjal. Fungsi ginjal berpartisipasi dalam seluruh romeostasis/ pengaturan keseimbangan. Misalnya : keseimbangan asam basa, konsentrasi elektrolit, volume cairan dan juga pengaturan tekanan darah.

Apa yang Ginjal Lakukan?

Ginjal ini berbentuk seperti kacang dan masing-masing ukurannya sebesar kepalan tangan, dan terletak ditengah punggung, tepat dibawah tulang rusuk, satu ditulang  belakang. Dan ginjal ini adalah mesin pengolah yang sangat canggih. Setiap hari ginjal seseorang memproses sekitar 200 liter  darah. Untuk menyaring sekitar 2 liter produk limbah dan air ekstra. Limbah dan air ekstra ini nantinya akan menjadi urine atau air kencing yang mengalir ke kandung kemih, melalui tabung yang disebut Ureter. Kandung kemih ini menyimpan urine sampai melepaskannnya melalui buang air kecil.

Nah, limbah dalam darah ini berasal dari pemecahan darah normal jaringan aktif misalnya otot, dan juga dari makanan. Tubuh memanfaatkan makanan untuk energi dan perbaikan setelah tubuh mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan.

Limbah ini nantinya akan dikirimkan kedalam darah, jika ginal tidak menyaring limbah, maka limbah ini akan tertumpuk dalam darah dan nantinya akan merusak tubuh. Penyaringan limbah terjadi dalam unit kecil dalam ginjal yang disebut Nefron. Setiap ginjal memiliki 1 juta nevron. Dan didalam nevron, ada sebuah glomerulus  yang merupakan pembuluh darah kecil dengan tabung pengumpul urine yang disebut tubulus. Gloomerulus ini bertindak sebagai unit penyaringan dan memebentuk protein normal dan sel-sel dalam aliran darah, yang memungkinkan cairan ekstra dan limbah untuk melewatinya.

Nah, sebuah pertukaran kimia yang sangat rumit nantinya akan terjadi, dan akhirnya limbah bahan dan air ini akan terkumpul dalam sistem kemih ini.

Pada awalnya tubulus akan menerima kombinasi dari bahan limbah dan bahan kimia tubuh yang masih dapat digunakan. Ginjal ini nantinya akan mengukur bahan kimia seperti Natrium, Fosfor, dan juga Kalium dan melepaskan mereka kembali ke dalam darah. Dengan cara ini ginjal mengatur tingkat tubuh dari kadar zat ini, keseimbangan yang tepat diperlukan untuk keseimbangan yang sehat.
Nah, selain menghilangkan limbah, ginjal juga mengeluarkan 3 Hormon yang penting, yaitu:

1. ERITROPOIETIN (EPO)

Yang merangsang sumsum tulang  untuk membuat sel-sel darah merah.

2. RENIN

Fungsinya untuk mengatur tekanan darah

3.CALCITRIOL

Dalam bentuk aktif vitamin D, yang membantu mempertahakan kalsium untuk tulang dan untuk keseimbangan normal didalam tubuh.

Kita juga harus mengetahui hal lain tentang ginjal

Manusia dengan memiliki dua ginjal yang sehat memiliki 100% dari fungsi ginjal mereka. Penurunan kecil atau penurunan ringan pada fungsi ginjal sebanyak 30% sampai 40%, akan jarang terlihat sebagai gejala kilinis. Fungsi ginjal sekarang dihitung malalui sempel darah dan rumus untuk mencari laju filterasi glomerulus atau EFGR. EFGR ini sesuai dengan persen dan fungsi ginjal yang tersedia. “Beberapa orang dilahirkan hanya dengan  1 ginjal tapi masih bisa menjalani kehidupan normal dan sehat.” Dan setiap tahunnya, ribuan orang mendonorkan salah satu ginjalnya untuk transaplantasi kepada anggota keluarganya atau teman-temannya.

Nah, banyak orang yang mempunyai fungsi ginjal yang berkurang, penyakit ginjal akan hadir dan menjadi memperburuk kesehatan keadaannya. Masalah kesehatan ini menjadi serius ketika seseorang mempunyai fungsi ginjal yang kurang dari 20%. Dan ketika fungsi ginjal ini turun sampai dibawah 10%. Maka orang akan memerlukan terapi mengganti ginjal, baik itu perawatan pembersihan berkala atau dialisis atau tranplantasi ginjal untuk mempertahankan kehidupannya.

Karena itu mari pertahankan fungsi ginjal kita.

Sekian informasi dari saya, Semoga bermanfaat dan nantikan informasi dan tips-tips sehat lainnya


0 komentar