Macam-macam Sakit Kepala dan Penyebab Sakit Kepala

Macam-macam Sakit Kepala dan Penyebab Sakit Kepala


Sakit kepala merupakan penyakit yang sering ditemui oleh semua orang, dan semua orang pasti pernah mengalaminya baik itu sakit kepala yang ringan
atau sakit kepala yang berat, saat kamu mengalami sakit kepala tentunya Anda akan merasa sangat terganggu, dan membuat aktivitas menjadi tidak sempurna.
Rasa sakit yang muncul dikepala Anda sebenarnya berasal dari jaringan yang Anda. Jaringan tesebut merupakan jaringan saraf yang terbentang diarea sekitar  :
1.Kulit kepala

2.Wajah

3.Tenggorokan

4.Mulut

Selain itu sesuatu yang dapat membuat sakit kepala juga berasal dari :

1.Otot di kepala

2.Pembuluh darah di permukaan dasar dan didalam otak.
Sekarang kami akan menjelaskan beberapa macam sakit kepala yang dapat Anda alami. Apa saja itu?

1.Tension Headache

Tension Headache adalah sakit kepala yang dirasakan seperti ditekan atau di ikat dengan paksa. Sakit kepala ini merupakan sakit kepala yang sering ditemui, dan sakit kepala ini terjadi disebabkan oleh :
a. Sedang banyak pikiran
b.  Berada dibawah tekanan
c.  Penglihatanmu sedang memburuk.
Sait kepala ini berasal ketika otot-otot kepala berkontraksi lalu reseptor rasa sakit mengirimkan sinyal sakit keotak. Sakit kepala jenis ini biasanya ditangani dengan obat penghilang  rasa sakit dosis ringan hingga dosis tinggi.

2.Migran
Jenis sakit kepala ini adalah sakit kepala yang dirasakan saat ada perubahan
aliran darah ke korteks serebral atau otak. Pembuluh darah yang bengkak akan mendorong otak kamu sehingga menimbulkan rasa sakit. Migran dapat dipicu oleh beberapa hal, yaitu:
a. Kurang tidur
b.  Stress
c.  Diet yang buruk
Migran pun juga dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama dari mulai beberapa jam hingga dapat berlangsung selama tiga hari.


3.Cluster Headache


Jenis sakit kepala ini yang jarang terjadi namun berbahaya, biasanya terjadi pada satu sisi kepala, terutama sekitar mata. Sakit kepala ini biasanya

disebabkan ketika berhenti mengkonsumsi minuman berkafein datau beralkohol.

Pada saat berhenti maka ada lonjakan kedalam otak, sehingga mengakibatkan sakit kepala.

Nah itulah sebenarnya yang terjadi pada saat kamu mengalami sakit kepala.


Lalu Apa Saja Penyebab Sakit Kepala?


1. Kurang Tidur


Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala dikarenakan proses recovery atau perbaikan pada tubuh ataupun pada otak manusia berlangsung pada waktu tidur. Jika anda kurang tidur, maka proses perbaikan pada tubuh maupun otak anda tidak akan bisa berlangsung, sehingga tubuh maupun otak mudah terserang penyakit. Untuk itu, manusia setidaknya harus memenuhi kebutuhan tidurnya minimal 8 jam perhari. Karena kebanyakan kasus pasien yang terkena penyakit organ dalam, rata-rata disebabkan oleh kurang tidur atau disebabkan karena begadang terus menerus.


2. Stress


Stress sering terjadi pada kebanyakan manusia, entah dari mana penyebab stress itu. Stress berdampak buruk pada tubuh manusia, terutama terhadap kesehatan. Stress juga merupakan salah satu penyebab timbulnya sakit kepala, dan sakit kepala yang dihasilkan dari stress adalah Tension Type Headache, yaitu sakit kepala yang sakitnya mulai dari belakang kepala hingga pundak terasa kaku.


3. Flu

Flu dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, karena flu disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan peradangan, dimana jika terjadi peradangan, maka bagian sendi akan merasakan sakit, termasuk juga bagian kepala akan merasakan sakit. Jika hal ini terjadi maka segeralah mengkonsumsi vitamin c, minum air putih yang banyak dan memperbanyak istirahat untuk memulihkan daya tahan tubuh kembali.



0 komentar