Kenapa Walaupun Sudah Makan Makanan Sehat Tapi Tubuh Tetap Biasa Saja?



Nah, sobat sehat kita sering mendengar ungkapan “Kita adalah apa yang kita pikirkan” itu didunia motivator. Tapi kalau didalam dunia kesehatan “kita adalah apa yag kita makan”. Namun banyak orang menyepelekan atau tidak peduli dengan hal tersebut, yang penting bagi mereka hanyalah kenyang dan harga murah saja. Perlu anda ketahui Tubuh manusia disusun oleh jenis makanan yang dikonsumsinya. Dulu ketika baru lahir berapa berat badan anda, dan sekarang ketika sudah besar berapakah berat anda? Saya yakin berat anda akan berubah menjadi lebih besar. Disebabkan oleh apakah perubahan berat tersebut? Tentunya  disebabkan oleh makanan yang anda makan.

Makanan sangat berperan penting untuk membentuk tubuh kita. Ibarat anda ingin membangun rumah, anda pasti membutuhkan bahan-bahan yang baik dan seimbang untuk dapat membangun rumah yang baik dan kokoh. Misalkan anda membutuhkan 1000 kg semen dan 10000 batu bata untuk membangun rumah anda, namun yang anda punya hanyalah 500 kg semen dan 5000 batu bata, apakah dengan bahan yang kurang tersebut anda bisa membangun rumah? Jawabanya adalah bisa. Tapi rumah anda tidak akan kokoh dan tidak akan kuat dan mudah roboh, karena komposisi bahanya yang tidak sembang tadi. Begitu juga dengan tubuh anda. Pernah tidak anda mengalami merasa tidur sudah cukup tapi badan masih juga lemas, capek dan sebagainya. Bisa jadi hal itu dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi saat ini.

Apa Yang Tubuh Kita Perlukan?


Komponen gigi manusia, sistem pencernaan, dan kuku pada manusia sangat mirip dengan hewan 
Herbivora. Jadi, anda tinggal lihat saja hewan herbivora itu makan apa. Nah, banyak dari kita kalau makan porsi daging itu jauh lebih besar daripada porsi sayur nya, dan bahkan hanya makan satu kali dalam seminggu.

Dari susunan anatomi manusia mulai dari gigi, kuku, dan pencernaan itu mirip dengan hewan Herbivora. Jadi wajar saja kalau kita harus mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan, dan tidak lupa anda juga mengkonsumsi daging dan biji-bijian untuk mendapatkan asupan protein.

Namun kebanyakan dari kita pola makanya itu sama seperti pola makan hewan Karnivora, yaitu jumlah dagingnya yang banyak dimakan dan lupa menyertakan sayur dan buah-buahan. Akhirnya yang terjadi adalah pencernaan anda banyak bermasalah. Seperti sembelit, konstipasi, dan wasir.

Dari WHO atau World Health Organization menyarankan kita membutuhkan 5 sampai 9 porsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Jadi, dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan tubuh kita akan dilengkapi dengan Vitamin, Mineral, dan Zat Fitonutrisi, yang mana ini semua dapat menjaga stamina dan sistem imun kita. Dan jauh lebih baik daripada kita hanya mengkonsumsi daging.

Saya sudah makan sayuran dan buah-buahan setiap hari, tapi kenapa badan saya tidak ada perbaikan? Dan justru stamina saya menurun.

Ketika anda berubah dari pola makan yang lama ke pola makan yang baru, Anda melakukanya dengan terpaksa. Segala sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa hasilnya tidak akan baik, begitu pula dengan makanan.

Caranya adalah berusahalah untuk belajar makan sayur-sayuran. Jangan dibiasakan setiap hari makan makanan isntan tapi biasakan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Mungkin anda bisa melakukanya dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu namun secara rutin dan berusaha menikmatinya. Maka tubuh anda akan terbiasa dan akan terbentuk tubuh yang baik dan stamina kuat dengan sendirinya.


0 comments